PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PADA MATERI MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL PADA SISWA DIKELAS VII SMPN 2 KLUET SELATAN
Abstract
Penelitian yang berjudul “Penerapan Media Audio Visual Pada Materi Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Pada Siswa di Kelas VII SMPN 2 Kluet Selatan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan pada penerapan media audio visual terhadap kualitas belajar siswa dalam menyanyikan lagu wajib nasional dikelas VII SMPN 2 Kluet Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh sebelum dan sesudah penerapan media audio visual menggunakan analisis data reduksi data deskripsi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dalam menyanyikan lagu wajib nasional, hal ini diperoleh dari hasil observasi aktifitas proses pembelajaran dan di peroleh dari hasil observasi, tes berdasarkan nilai pretes dan posttes berjumlah keseluruhan siswa 22 terdapat 4 siswa yang tuntas KKM dan 18 lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM maka presentase perolehan nilai pretes sebesar 18,18% dengan perolehan nilai minimum 30, dan maksimum 70, setelah melakukan pembelajaran, diberikan posttes dengan pertanyaan yang sama nilai siswa yang tuntas KKM berjumlah 19 siswa dan tidak tuntas KKM sebanyak 3 siswa, presentase siswa pada nilai posttes 86,36% dengan nilai minimum 60 dan maksimum 90. Dari hasil observasi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran pada materi menyanyikan lagu wajib nasional secara unisono dengan menggunakan penerapan media audio visual menunjukkan antusiasme siswa merespon dan memahami materi cukup baik.
Kata Kunci : Media Audio Visual, Materi Menyanyikan lagu Wajib Nasional
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, (2005). Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
AM, Sadiman. (2010). Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Anidi, (2017). Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta:
Parama Publishing.
Ardianto. (2020). Pengaruh Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa
Kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi. Makassar:
Universitas Muhammadiyah Makassar.
Asyhar, rayanda. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran:
Jakarta Gaung persada press.
Sudjana. Metoda Statistika. (2009.) Bandung: PT Tarsito Bandung
Sujanto, Agus. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. (1989). Dasar proses belajar mengajar:
Bandung sinarbaru.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Usnita, (2013). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar biologis pada
siswa SMA kemala bhayangkari:
Medan. Universitas sumatera utara
Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran.
Jakarta: Kata Pena.
Wijaya, dan Kartika Ade. (2016). Pembelajaran seni music dengan menggunakan media audio
visual dalam mata pelajaran seni budaya:
Jurnal. Universitas negeri Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.