PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

Adek Nabila, Tengku Hartati, Samsuri Samsuri

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Musik Ansambel Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Di SMP Negeri 3 Banda Aceh”. Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana hasil pembelajaran Musik Ansambel dengan menggunakan model Direct Instruction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Direct Instruction terhadap kemampuan bermain alat musik ansambel. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga puluh tiga orang siswa. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang awalnya siswa tidak bisa memahami bagaimana memainkan alat musik ansambel pianika, bell, jimbe, dan snare dengan notasi yang tepat dan pola pukulan yang benar. Maka, dari jumlah siswa 25 orang yang mengikuti pengambilan nilai, 20 orang dinyatakan lulus dan 5 orang belum lulus. Kata Kunci : penerapan, model Direct Instruction, musik ansambel

Full Text:

PDF

References


Helmiati (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Istiqamah, Sugiarti dan Muhammad, Wijaya (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep Dan

Kemampuan Kritis Melalui Pembelajaran Discovery Learning Dan Direct Instruction.

Makassar : Prodi Pendidikan Kimia.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesuinal. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.