PERAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI INTERNALISASI NILAI-NILAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KEGIATAN EKSTARAKURIKULER SENI TARI TRADISIONAL (PENELITIAN DI SPMN 4 BANDA ACEH)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Pendidikan Karakter Siswa melalui Internalisasi Nilai-nilai Berbasis Kearifan Lokal Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional (Penelitian di SMPN 4 Banda Aceh)”. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis deskriptif, subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Seni Tari, dan siswa peserta ekstrakurikuler seni tari di SMPN 4 Banda Aceh. Objek penelitiannya adalah peran ekstrakurikuler seni tari tradisional dalam membentuk karakter siswa. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan proses internalisasi nilai budaya berbasis kearifan lokal dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan seni tari Rapa'i melalui penghayatan dan pengamalan syair dan gerak tari yang diajarkan oleh guru kepada siswa. Berdasarkan hasil angket yang telah diperoleh dapat dihasilkan persentase dari nilai-nilai karakter tersebut menunjukkan karakter Religius memperoleh 93% sangat baik, 7% baik. Toleransi 76% sangat baik, 24% baik. Disiplin 76% sangat baik, 24% baik. Bersahabat/komunikatif 93% sangat baik. 7% baik. Cinta tanah air 86% sangat baik, 14% baik. Tanggung jawab 93% sangat baik, 7% baik.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler, kearifan lokal, pendidikan karakter.
Full Text:
PDFReferences
Fitri, Z Dan Agus. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jazuli, M. (2011). Sosiologi Seni Pengantar dan Model Studi Seni. Solo: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muhajir, S. (2012). Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Tesis MA, IAIN Raden Fatah, Palembang.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Ritme. 2(1). 16-25.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. (2012). Pembelajaran Seni Rupa di PGSD (Tindakan Kelas Melalui Penggunaan Media Peragaan Visual). Malang: UM Press.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah
Volume 9, Nomor 2:9-18
Mei 2024
Sumarno. (2016). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik. Jurnal Al Luhab, 1(1); 14-22.
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.