PENERAPAN PENDEKATAN KONTESKTUAL PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMP IT MADRASATUL QUR’AN

Wahyuna Humaira, Rida Safuan Selian, Tengku Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan
pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar pada pembelajaran seni budaya materi
menggambar ilustrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian one group posttest pretest design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Madrasatul Qur'an. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen yaitu tes dan non tes. Tes meliputi tes
hasil belajar dan non-tes meliputi lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa.
Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara sebelum dan sesudah diberi
perlakuan (treatment) digunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 setelah pengujian preparasi
selesai, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Pengingkatan hasil belajar siswa
pada pembelajaran seni rupa setelah menggunakan pendekatan eksperimen. lebih baik daripada
sebelumnya menggunakan pendekatan kontesktual; 2) Aktivitas siswa berada pada kategori baik; 3)
Sudut pandang siswa menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran melalui
pendekatan kontekstual positif. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran seni
rupa terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar pada siswa kelas 8 SMP IT Madrasatul Qur'an.
Kata Kunci: Kontekstual, Seni Rupa, Efektivitas.


Full Text:

PDF

References


Amila. (2016). Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning pada Materi

Perkembangan Teknologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Kelasn IV SDN Sekelimus. Bandung: Tidak diterbitkan.

Hartadi Titut. (2011). 4 Langkah Praktis Menyusun PTK. Karawang: Tidak Diterbitkan.

Ikka Rihhatul A’isy (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan

Model Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN

Girimukti. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Komalasari Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT

Refika Aditama.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:

PT Rajagrafindo.

Sagala Syaiful. (2011). Konsep Dasar dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. (2010). Pencenaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakrta: PT Fajar

Interpratama

Sudjana Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan

Kontekstual Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum

Tematik Integratif/KTI). Bandung: Prenadamedian Group.

Yuliana Nurrizki (2016) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi

dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Bandung: Tidak diterbitkan

Sigit Mangun Wardoyo (2013) Pembelajaran Kontruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran

dalam Pembentukan Karakter. Alfabeta.

Suryanto (2002) Penggunaan Masalah Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika. Makalah

disajikan pada Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka

Cipta.

Depdiknas. (2017). Panduan praktis Penyusunan E-modul tahun 2017. Jakarta: Ditjen

Pendidikan Dasar dan Menengah

Elfis. (2010). Pembelajaran Kontekstual Biologi. (http://elfisuir. Blogspot.com/ (26 Januari

).

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:

Aphabeta

Suparno, P.(2010) Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta. Kanisi.

Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.Nana Sudjana

Solihatin, Etin.(2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadly. (1977). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Nurrizki, Yuliana, (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw.

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. [Skripsi Universitas Bandung]

Tarjo, E. (2004). Strategi Belajar Mengajar Seni Rupa. Bandung: Jurusan. Pendidikan Seni

Rupa-UPI.

Admaja, Prawira. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruuz

Media.

Muharrar & Mujiono, (2007). Gambar 1. Semarang : Unnes https//lib.unnes.ac.id.

Sunoto. (2009). Karakteristik Gambar Anak: Kajian Karya Anak dalam Konteks Pembelajaran

Menggambar di Taman Kanak-kanak Banjarejo I Kabupaten Grobogan. [Skripsi Jurusan

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah

Volume 9, Nomor 2:1-8

Mei 2024

Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang].

Muharrar, Syakir.(2003). Tinjauan Seni Ilustrasi. Bahan Ajar Mata Kuliah Menggambar

Ilustrasi. Jurusan Seni Rupa UNNES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.