PENERAPAN PENDEKATAN KONTESKTUAL PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMP IT MADRASATUL QUR’AN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan
pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar pada pembelajaran seni budaya materi
menggambar ilustrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian one group posttest pretest design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Madrasatul Qur'an. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen yaitu tes dan non tes. Tes meliputi tes
hasil belajar dan non-tes meliputi lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa.
Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara sebelum dan sesudah diberi
perlakuan (treatment) digunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 setelah pengujian preparasi
selesai, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Pengingkatan hasil belajar siswa
pada pembelajaran seni rupa setelah menggunakan pendekatan eksperimen. lebih baik daripada
sebelumnya menggunakan pendekatan kontesktual; 2) Aktivitas siswa berada pada kategori baik; 3)
Sudut pandang siswa menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran melalui
pendekatan kontekstual positif. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran seni
rupa terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar pada siswa kelas 8 SMP IT Madrasatul Qur'an.
Kata Kunci: Kontekstual, Seni Rupa, Efektivitas.
Full Text:
PDFReferences
Amila. (2016). Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning pada Materi
Perkembangan Teknologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Kelasn IV SDN Sekelimus. Bandung: Tidak diterbitkan.
Hartadi Titut. (2011). 4 Langkah Praktis Menyusun PTK. Karawang: Tidak Diterbitkan.
Ikka Rihhatul A’isy (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan
Model Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN
Girimukti. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Komalasari Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT
Refika Aditama.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:
PT Rajagrafindo.
Sagala Syaiful. (2011). Konsep Dasar dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya Wina. (2010). Pencenaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakrta: PT Fajar
Interpratama
Sudjana Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Trianto Ibnu Badar al-Tabany. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan
Kontekstual Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum
Tematik Integratif/KTI). Bandung: Prenadamedian Group.
Yuliana Nurrizki (2016) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi
dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Bandung: Tidak diterbitkan
Sigit Mangun Wardoyo (2013) Pembelajaran Kontruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran
dalam Pembentukan Karakter. Alfabeta.
Suryanto (2002) Penggunaan Masalah Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika. Makalah
disajikan pada Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta
Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka
Cipta.
Depdiknas. (2017). Panduan praktis Penyusunan E-modul tahun 2017. Jakarta: Ditjen
Pendidikan Dasar dan Menengah
Elfis. (2010). Pembelajaran Kontekstual Biologi. (http://elfisuir. Blogspot.com/ (26 Januari
).
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:
Aphabeta
Suparno, P.(2010) Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta. Kanisi.
Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.Nana Sudjana
Solihatin, Etin.(2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadly. (1977). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Nurrizki, Yuliana, (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw.
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. [Skripsi Universitas Bandung]
Tarjo, E. (2004). Strategi Belajar Mengajar Seni Rupa. Bandung: Jurusan. Pendidikan Seni
Rupa-UPI.
Admaja, Prawira. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruuz
Media.
Muharrar & Mujiono, (2007). Gambar 1. Semarang : Unnes https//lib.unnes.ac.id.
Sunoto. (2009). Karakteristik Gambar Anak: Kajian Karya Anak dalam Konteks Pembelajaran
Menggambar di Taman Kanak-kanak Banjarejo I Kabupaten Grobogan. [Skripsi Jurusan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah
Volume 9, Nomor 2:1-8
Mei 2024
Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang].
Muharrar, Syakir.(2003). Tinjauan Seni Ilustrasi. Bahan Ajar Mata Kuliah Menggambar
Ilustrasi. Jurusan Seni Rupa UNNES.
Refbacks
- There are currently no refbacks.