EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 MATANGKULI
Abstract
Pengimplementasi kurikulum merdeka masih bersifat baru, hal ini efektivitas kurikulum merdeka perlu di lihat dari beberapa indikator. Fokus penelitian ini adalah bagaimana efektivitas kurikulum merdeka belajar di SMP N 1 Matangkuli pada mata pelajaran Seni Budaya dengan melihat 4 indikator efektivitas keberhasilan terhadap Input, Proses, Output, Outcome (IPOO). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran seni budaya dapat berjalan dengan baik atau cukup baik. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas kurikulum merdeka pada pembelajaran seni budaya sudah terlaksana dengan cukup baik, perencanaan pembelajaran dengan mencantumkan Capaian Pembelajaran (CP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) serta modul yang disusun sudah sesuai dengan keputusan Kemendikbudristek NO 262/M/2022 meskipun memerlukan banyak penyempurnaan karena berbagai pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian.
Kata Kunci : Efektivitas , Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Seni Budaya
Full Text:
PDFReferences
Basri, M. (2011). Budaya Mutu Dalam Pelayanan Pendidikan. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2). Bungin, B. (2008). Metode penelitian kualitatif. Illahi, Nur. "Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial." Jurnal Asy-Syukriyyah 21.1 (2020): 1-20. Ibrahim, Neva Lionitha. "Indentifikasi faktor penghambat kurikulum merdeka belajar pada tingan sekolah menengah atas (Studi kasus di SMAN 1 Telaga Biru dan SMAN 3 Gorontalo)” Mulyasa (2008), Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara Monika, Lia, et al. "Efektivitas Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Peserta Didik di SMP Bangilan Tuban." Seminar Nasional Daring Sinergi. Vol. 1. No. 1. 2023. Rohman, M., & Muttaqin, A. (2022). Efektivitas Scientific Approach terhadap Materi PAI pada Merdeka Belajar. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 2(1), 74-80. Syafaruddin (2008), Efektifitas Kebijakan Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta Sugiyono (2010), Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta Sugiyono (2010), Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta
WAB https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/merdeka-belajar https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/ https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/8747805824409-Tema-Projek-Penguatan-Profil-Pelajar-Pancasila-berdasarkan-Jenjang
Refbacks
- There are currently no refbacks.