PEMBELAJARAN GITAR UKULELE PADA EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR FATIH BILINGUAL SCHOOL KOTA BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini berjudul "Pembelajaran Gitar Ukulele Pada Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Fatih Bilingual School Kota Banda Aceh". Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran gitar ukulele pada ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Fatih Bilingual School Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran gitar ukulele pada ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Fatih Bilingual School Kota Banda Aceh. Pendekatan kualitatif digunakan dengan jenis deskriptif. Pelatih beserta siswa siswi ekstrakurikuler gitar ukulele menjadi subjek dalam penelitian, yang menjadi objek adalah gitar ukulele. Data diperoleh dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler rutin diadakan setiap hari kamis pada pukul 15.00-17.00 WIB. Klub musik mencakup minat musik seperti vokal, pianika dan gitar ukulele. Pelatih ekstrakurikuler merancang materi dengan tahapan dari dasar hingga teknik permainan. Kendala utama adalah tempo dan ritmik, yang diatasi dengan pengulangan mingguan.
Kata kunci: Ekstrakurikuler, Seni Musik, Gitar Ukulele
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmaka, p. (2021). Jenis metode pembelajaran. (https://pendidikan.infoasn.id/12- jenis-metode-pembelajaran-dengan-kelebihan-dan-kekurangannya/).
Asnawir, Usman Basyiruddin, Media Pembelajaran, Ciputat Pers, Jakarta Selatan, 2002.
Bandura, A. dan R. H. Walters. 1963. Social Learning and Personality Development.
New York: Holt, Rinehart, & Winston
Dick, W. 2000 The Systematic Design of Instruction. The systematic design of instruction. Upper Sddle River, NJ: Pearson Education.
Emzir. 2010. Metodologi Peneltian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.
Gunarti, W. dkk., 2010. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar
Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kutha Ratna, Nyoman.2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Sosial Humaniora Pada Umumnya Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Moleong, Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Nara, Hartini. 2010 Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.
Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta : Prenada Media Group.
Setyaningsih, Ika. (2007). Notasi dan Teknik Permainan Musik Kacapai pada Kesenian Tradisional Jaipong Dodo Gedor Grup di Kelurahan Soklat Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Tugas Akhir Skripsi S1.Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Seni Musik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah
Volume 8, Nomor 3:24-29
September 2023
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RD. Bandung: CV. Alfabeta.
Soeharto. 2004. Musik Nusantara. Jakarta: Erlangga.
Tambunan, Marsha. 2004. SejarahMusikDalamIlustrasi. Jakarta: Progres.
Wicaksono, D. S. 2014. Asal Usul Alat Musik Ukulele. Dalam https://dimassw9b.blogspot.co.id/2014/11/asal-usul-alat-musik-ukulele.html. Diakses pada 15 April 2023.
Wood, J.T. (2012). Komunikasi Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.