PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK (VOKAL) PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 MEULABOH

Cut Afrina Jatiana, Ismawan Ismawan, Samsuri Samsuri

Abstract


Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Seni Musik (Vokal) Pada Siswa Kelas VII SMPN 5 Meulaboh“,. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap peningkatan pengetahuan seni musik dan kemampuan bernyanyi siswa kelas VII SMPN 5 Meulaboh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga puluh sembilan orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas belajar siswa, pre-test, post-test dan nilai statistik uji wilcoxon, diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) kelas eksperimen 0,000 dan nilai Asymp. Sig (2-tailed) kelas kontrol 0,522. Karena nilai kelas kontrol 0,522 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pada kelas kontrol hipotesis ditolak. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi seni musik (vokal) untuk pre-test dan post-test, sehingga disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil kemampuan belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning di SMPN 5 Meulaboh.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, seni musik (vokal)
ABSTRACT


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Affandi, Muhammad dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Ardipal. 1995. Pembinaan Musik Vokal di Sekolah. Fakultas Bahasa dan Seni UNP.

Arifin, Bilal Ihsanul. 2019. Model pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon. Skripsi Thesis Institut Seni Indonesia Yogyakarta. 1-17.

Fazlina, Ninda. 2016. Kegiatan Ekstrakurikuler Vokal Group di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik. 1(4).

Fujiawati, Fuja Siti. 2020. Pembelajaran Seni Budaya dengan Model Project Based Learning (PJBL) melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. 5(1). 41-55.

Harianto, Supardi. 2018. Peneparan Metode Drill dalam Pembelajaran Seni Musik (Vokal) untuk Meningkatkan Teknik Penguasaan Lagu Daerah Setempat pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Makassar. Diploma Thesis Universitas Negeri Makassar.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah

Volume 8, Nomor 3:16-23

Agustus 2023

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Nurzaman, Ady. 2016. Penerapan Project Based Learning Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Prestasi Belajar dalam Pelajaran IPS. Skripsi S1 Thesis FKIP UNPAS.

Purnomo, Halim dkk. 2019. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodelogi Penelitian; Banjarmasin: Antarsari Press.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif. Surabaya: CV.Putra Media Nusantara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.