PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KUALA NAGAN RAYA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Audio Visual Pada Materi Seni Tari di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kuala Nagan Raya”. Penelitian ini mengangkat permasalah tentang Bagaimanakah penggunaan media audio visual pada materi seni tari di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kuala Nagan Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual pada materi seni tari di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kuala Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni budaya dan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kuala Nagan Raya. Teknik pengumpulan data digunakan melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual diterapkan melalui tahapan-tahap pembelajaran di antaranya tahap perencanaan, tahap pelaksaan proses pembelajaran materi seni tari dengan menggunakan media audio visual yang terdiri dari: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup serta Dampak bagi siswa selama penggunaan media audio visual pada proses pembelajaran seni tari untuk mencapai tujuan yang optimal dapat dilihat dari kesiapan siswa mengikuti pembelajaran, kesungguhan siswa memperhatikan penjelasan guru, kesadaran siswa mencatat penjelasan dari guru, kesungguhan siswa memperhatikan tanyangan video tari kreasi Ratoh Jaroe, keaktifan siswa bertanya kepada guru, keaktifan siswa menjawab pertanyaan guru, ketekunan siswa melaksanakan tugas dari guru, kemampuan siswa bekerjasama, kesungguhan siswa saat penilaian pembelajaran dari guru serta kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran di akhir kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Seni Tari, Media Audio Visual
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharmi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta Gaung Persada Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hadi, Sumandiyo. 2007. Kajian tari dan Konteks. Pustaka Book Publisher.
Hernawan, H.a. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI Pers.
Jazuli, M. 2016. Paradigma Pendidikan Seni. Sukoharjo: CV Farishma Indonesia.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah
Volume 8, Nomor 2:30-38
Februari 2023
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyamai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Matthew, Miles & A. Michael, Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Moleong, J. L. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Oktira, Yona Syaida. 2013. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Seni Budaya. E-jurnal. Universitas Negeri Padang
Rudi. S & Cepi. R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Pengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitia Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Usnita, 2013. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologis pada Siswa SMA Kemala Bhayangkari. Medan. Universitas Sumatera Utara.
Yudhi, Munadi. 2008. Media Pembelajaran. Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press: ciputat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.