PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PELATIHAN TARI DI DESA PERDAMAIAN KECAMATAN KUALA SIMPANG KABUPATEN ACEH TAMIANG

Alvira Maulina, Tengku Hartati, Yuli Astuti

Abstract


Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Pelatihan Tari di Desa Perdamaian Kecamatan Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melalui pelatihan tari Ranup Lam Puan di Desa Perdamaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualilatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti pelatihan tari, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan kreativitas siswa. Data diperoleh dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa dapat meningkat melalui pelatihan tari dengan melihat kelima aspek kreativitas yaitu aspek fluency (kelancaran),  flexibility (keluwesan), originality (keaslian), ellaboration (keterperincian), dan sensitivity (kepekaan). Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kreativitas melalui kegiatan pelatihan tari ini peneliti mengajarkan, mengarahkan dan mengoreksi siswa sehingga siswa dapat menari diiringi langsung dengan instrument tari Ranup Lam Puan dengan lancar, lentur, baik dan benar. Hasil observasi sebelum berjalannya kegiatan menunjukkan kreativitas siswa masih rendah 45% meningkat menjadi 50% pada pelatihan pertama dengan kriteria mulai berkembang, pada pelatihan kedua peningkatan mencapai 65% dengan kriteria berkembang sesuai harapan, dan pada pelatihan ketiga peningkatan siswa mencapai 90% dengan kriteria berkembang sangat baik dari indikator pencapaian kreativitas siswa 80%. Dengan berjalannya pelatihan tari, kreativitas siswa disekolah semakin meningkat. Siswa menjadi lebih percaya diri, berani tampil, dan semakin aktif disbanding sebelumnya. Dalam hal ini kegiatan pelatihan tari dapat meningkatkan kreativitas siswa sesuai yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


Alivixongko. 2018. Implementasi Mata Pelajaran Seni Budaya ddan Keterampilan. UMJ

Arikunto. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Bandung: Alfabeta

Astuti, Fuji. 2013 Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni Pada Anak Usia Dini. UNP

Harlita, Mistya. 2019. Analisis Unsur Gerak Tari Meuseukat Tunang di Desa Lhok Puntoy Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. USK

Hafizallah, Yandi. 2017. Tahap dan Perkembangan Kreativitas Anak. Program pasca sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA

Moleong, J, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Roesdakarya

Muninggar, Bernadeta Retno. 2014. Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencetak Pada Kelompok B di TK Pertiwi Caturharjo Ngaglik, Caturharjo, Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta

Natasha, Cut Dara Aulia. 2022. Pengembangan Kreativitas Anak di Desa Baroh Kuta Batee Kabupaten Aceh Utara. USK

Sodik., Ali. Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media

Sugoyino. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugoyino. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugoyino. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahza, Almasdi. 2021. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: KDT

Sumber Internet:

https://www.google.com/search.sekolahdasarmerupakaninstitusipendidikan=chrome=UTF-8 Diakses: 20 februari, 20.30 WIB.

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjvuOW4j8T4AhXjUGwGHeOqBJoQFnoECAMQAQ&url=https%3A%2F%Fsc.syekhnurjati.ac.id%2Fesscamp% Diakses: 20 Juni 2022, 00.12 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.