MINAT DAN BAKAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TEATER DI SMA NEGERI 1 BIREUEN

Reka Audina, Rida Safuan Selian, lindawati Lindawati

Abstract


Penelitian yang berjudul “minat dan bakat siswa terhadap pembelajaran seni teater di SMA Negeri 1 Bireuen” penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil persentase minat dan bakat siswa terhadap pembelajaran seni teater di SMA Negeri 1 Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen tahun ajaran 2020/2021 terdiri atas empat kelas yang berjumlah 72 orang siswa. Data dikumpulkan melalui lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verivikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan minat dan bakat siswa SMA Negeri 1 Bireuen tersebut ditinjau dari lembar kuesioner. Berdasarkan hasil data penelitian maka diperoleh minat dan bakat siswa terhadap pembelajaran seni teater di SMA Negeri 1 Bireuen bahwa sebanyak 60,09%% siswa yang berminat dan berbakat pada seni teater dan 26,10% kurang berminat dan berbakat pada seni teater sedangkan 13,79% siswa tidak sama sekali berminat dan berbakat pada seni teater. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jumlah siswa yang berminat dan berbakat lebih banyak dibandingkan siswa yang tidak berminat dan bakat. Sedangkan hasil penilaian tes bakat pada siswa kelas XI yang berjumlah 4 (empat) kelas yaitu XI IPS A, XI IPS B, XI IPA B, dan XI IPA F yang sangat berbakat adalah 88,88% yang berbakat adalah 87,5% yang kurang berbakat adalah 72,22% dan tidak sama sekali berbakat adalah 47,22%.
Kata kunci: minat, bakat, seni teater.


Full Text:

PDF

References


Ali. 2014. Metodelogi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Burhan Bungin. 2006. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

Dimyati. 2001. Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: BPFE

Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Latipun. 2005. Kesehatan Mental, Konsep dan Penerapan. Jakarta: EGC

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Moeliono. 1993. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munandar. 2002. Pemanduan Anak berbakat. Suatu Studi Penjajagan. Jakarta: Rajawali Press.

Pramana Padmodarmaya. 1990. Pendidikan Seni Teater. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Riantiarno. 2017. Membaca Teater Koma. Jakarta: Foundation

Sabri. 2001. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Cv. Pedoman Ilmu Jaya

Sudirman. 2003. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Slameto. 2003. Belajar dam Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada.

Turrahmat. 2010. Teater (Teori dan penerapannya). Semarang: Pusta Najwa

Walgito. 1999. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.