PROSES PEMBELAJARAN PADA KONSENTRASI DRAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI DRAMA, TARI DAN MUSIK FKIP USK

Asmaul Husna, Ismawan Ismawan, lindawati Lindawati

Abstract


Penelitian ini berjudul “Proses Pembelajaran pada Konsentrasi Drama Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik FKIP USK”. Mengangkat masalah bagaimana proes pembelajaran pada konsentrasi drama khususnya pada mata kuliah Praktek Keterampilan Seni VI serta faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pembelajaran pada mata kuliah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada mata kuliah Praktek Keterampilan Seni VI serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pembelajaran pada mata kuliah tersebut. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah dosen yang mengampu pada konsentrasi drama dan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktek Keterampilan Seni VI. Objek pada penelitian ini adalah proses pembelajaran sub materi penulisan naskah dan teknik dasar pengambilan gambar pada mata kuliah Praktek Keterampian Seni VI. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaram mata kuliah Praktek Keterampilan Seni VI berlangsung melalui beberapa bagian yaitu kegiatan awal dimana dosen melakukan evaluasi awal dan memberi appersepi kepada mahasiswa, kegiatan inti dosen menyampaikan materi dengan metode ceramah, demonstrasi dan latihan praktik serta menggunakan media visual dan audio visual, kegiatan penutup di mana dosen melakukan evaluasi akhir dan memberikan tugas kepada mahasiswa. Faktor yang menjadi pendukung proses pembelajaran mata kuliah Praktek Keterampilan Seni VI yaitu: pendidik, peserta didik, materi, bakat dan motivasi. Faktor yang menjadi penghambat proses pembelajaran mata kuliah Praktek Keterampilan Seni VI yaitu: Pendidik, peserta didik, materi dan sarana prasarana pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.

Asrori, Muhammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Djamarah, Saiful Bahri. 2010. Guru Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual Berdasarkan “SISKO” 2006. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Wibawa, Fajri Arif & Pritandhari, Meyta. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Muhammadiyah Metro Indonesia

Yamin, dkk. 2009. Teknik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press.

Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Jannah & Sontani. 2018. Sarana dan Prasarana Pembelajaran sebagai Faktor Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, III (1)

Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP Unsyiah

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabet


Refbacks

  • There are currently no refbacks.