KONSEP PENYUTRADARAAN NASKAH “AYAHKU PULANG” KARYA USMAN ISMAIL YANG DISUTRADARAI OLEH BENI ARONA

Azizah Mustafa, Ramdiana Ramdiana, Nurlaili Nurlaili

Abstract


Penelitian ini berjudul “Konsep Penyutradaraan Naskah Ayahku Pulang Karya Usman Ismail yang disutradarai oleh Beni Arona”. Rumusan penelitian ini bagaimana Konsep Penyutradaraan Naskah Ayahku Pulang Karya Usman Ismail yang disutradarai Oleh Beni Aron ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konsep Naskah Ayahku Pulang Karya Usman Ismail Yang Disutradarai Oleh Beni Arona. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang sutradara muda Beni Arona dari komunitas Teater Muda Berkibar, sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu konsep penyutradraan dalam naskah Ayahku Pulang yang diikutsertakan dalam Festival Teater Se-Aceh.
Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep penyutradaraan artistik yang digunakan oleh Beni Arona adalah panggung proscenium, propertie makanan khas Aceh, tata busana yang dipakai kemeja, kebaya, dan pakaian kurung, tata rias menggunakan tata rias karakter, musik yang digunakan musik rekaman, suara takbiran dan suara efek-efek, dan tata cahaya yang digunakan tata cahaya yang menggambarkan suasana. Sutradara Beni Arona memilih aktor/aktris yang sesuai dalam memerankan karakter yang cocok untuk aktor dan aktrisnya. Penggarapan ini sedikit diubah dari karya naskah asli Usman Ismail, adapun perubahan berupa, peranan, dan properties khas Jawa digantikan menjadi khas Aceh. Jumlah pemain di dalam naskah Ayahku Pulang karya Usman Ismail berjumlah 7 orang pemeran, sedangkan sutradara Beni Arona menggarap menjadi 5 orang pemeranan. Teater ini menceritakan tentang Ayah yang meninggalkan keluarganya dan kemudian ia kembali setelah 20 tahun.


Full Text:

PDF

References


Anwar, Dessy. 2001. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia”. Surabaya: Abditama

Julnadi Inderapura, 2011. “Buku Kitab Teater”. Jakarta

Riantiarno, N. 2011. “Pengertian Teater”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Riantiarno, N. 2011. “Penataan Artistik”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Riantiarno, N. 2011. “Sutradara”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Gordon Craig, 1988. “Buku Dramaturgi”. Bandung

Dantes, Nyoman. 2014, “Metode Penelitian”. Yogyakarta: Andi

Fazariani. 2018. “Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Naskah Ayahku Pulang Karya Umar Ismail”

Moleong, J. 2010. “Edisi: Cet. 20 Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: Remaja Sahid, Nur. 2016. “SEMIOTIKA untuk Teater, Tari, Wayang Purwa dan Film”. Gigih Pustaka Mandiri, Yogyakarta. ISBN 978-602-1220-09-2 Sugiono. 2017. “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan Cetakan Kedua”. Bandung: PT. Refika Aditama

Sukardi. 2003. “Metodologi Pendekatan Kualitatif, dan R&D”. Jakarta: Cet-7 CV Alpabeta. HarsitA, Ayu. 2020. “Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Film Jangkrik Boss Sutradara Anggy Umbara”. universitas muhammadiyah palembang.

Dantes, Nyoman. 2014, “Metode Penelitian”. Yogyakarta:ANDI

Riantiarno, N. 2011. “Pengertian Tata Rias”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP Unsyiah

Riantiarno, N. 2011. “Pengertian Musik”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

https://www.academia.edu/25416957/Analisis_Unsur_Intrinsk_dan_Ekstrinsik_Naskah_Drama_Ayahku_Pulang_Karya_Usmar_Ismail


Refbacks

  • There are currently no refbacks.