KONSEP PENYUTRADARAAN NASKAH “AYAHKU PULANG” KARYA USMAN ISMAIL YANG DISUTRADARAI OLEH BENI ARONA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Konsep Penyutradaraan Naskah Ayahku Pulang Karya Usman Ismail yang disutradarai oleh Beni Arona”. Rumusan penelitian ini bagaimana Konsep Penyutradaraan Naskah Ayahku Pulang Karya Usman Ismail yang disutradarai Oleh Beni Aron ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konsep Naskah Ayahku Pulang Karya Usman Ismail Yang Disutradarai Oleh Beni Arona. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang sutradara muda Beni Arona dari komunitas Teater Muda Berkibar, sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu konsep penyutradraan dalam naskah Ayahku Pulang yang diikutsertakan dalam Festival Teater Se-Aceh.
Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep penyutradaraan artistik yang digunakan oleh Beni Arona adalah panggung proscenium, propertie makanan khas Aceh, tata busana yang dipakai kemeja, kebaya, dan pakaian kurung, tata rias menggunakan tata rias karakter, musik yang digunakan musik rekaman, suara takbiran dan suara efek-efek, dan tata cahaya yang digunakan tata cahaya yang menggambarkan suasana. Sutradara Beni Arona memilih aktor/aktris yang sesuai dalam memerankan karakter yang cocok untuk aktor dan aktrisnya. Penggarapan ini sedikit diubah dari karya naskah asli Usman Ismail, adapun perubahan berupa, peranan, dan properties khas Jawa digantikan menjadi khas Aceh. Jumlah pemain di dalam naskah Ayahku Pulang karya Usman Ismail berjumlah 7 orang pemeran, sedangkan sutradara Beni Arona menggarap menjadi 5 orang pemeranan. Teater ini menceritakan tentang Ayah yang meninggalkan keluarganya dan kemudian ia kembali setelah 20 tahun.
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Dessy. 2001. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia”. Surabaya: Abditama
Julnadi Inderapura, 2011. “Buku Kitab Teater”. Jakarta
Riantiarno, N. 2011. “Pengertian Teater”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Riantiarno, N. 2011. “Penataan Artistik”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Riantiarno, N. 2011. “Sutradara”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Gordon Craig, 1988. “Buku Dramaturgi”. Bandung
Dantes, Nyoman. 2014, “Metode Penelitian”. Yogyakarta: Andi
Fazariani. 2018. “Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Naskah Ayahku Pulang Karya Umar Ismail”
Moleong, J. 2010. “Edisi: Cet. 20 Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: Remaja Sahid, Nur. 2016. “SEMIOTIKA untuk Teater, Tari, Wayang Purwa dan Film”. Gigih Pustaka Mandiri, Yogyakarta. ISBN 978-602-1220-09-2 Sugiono. 2017. “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan Cetakan Kedua”. Bandung: PT. Refika Aditama
Sukardi. 2003. “Metodologi Pendekatan Kualitatif, dan R&D”. Jakarta: Cet-7 CV Alpabeta. HarsitA, Ayu. 2020. “Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Film Jangkrik Boss Sutradara Anggy Umbara”. universitas muhammadiyah palembang.
Dantes, Nyoman. 2014, “Metode Penelitian”. Yogyakarta:ANDI
Riantiarno, N. 2011. “Pengertian Tata Rias”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP Unsyiah
Riantiarno, N. 2011. “Pengertian Musik”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
https://www.academia.edu/25416957/Analisis_Unsur_Intrinsk_dan_Ekstrinsik_Naskah_Drama_Ayahku_Pulang_Karya_Usmar_Ismail
Refbacks
- There are currently no refbacks.