BIOGRAFI TENGKU HAJI MUHAMMAD ALI IRSYAD (ABU TEUPIN RAYA, 1915-2003)

Rejal Afriansyah, Mawardi ., Nurasiah .

Abstract


ABSTRACT

The study, titled "Biography of Tengku Haji Muhammad Ali Ershad (Abu Teupin Raya, 1915-2003)", aims to: (1) reconstruct biography of Tengku Muhammad Ali Irsyad, 1915-2003), (2) explain Tengku Muhammad Ali Irsyad Islam and its influence on people's lives, 1915-2003, and (3) explains the factors that influenced Tengku Muhammad Ali Irsyad's thinking about education, 1915-2003. This study uses a qualitative approach and historical method that consists of five steps: theme selection, heuristics, verification, interpretation and historiography. Data collection is done by interviewing technique, documentation and literature study. Based on the research results can be seen that (1) Tengku Muhammad Ali Irsyad was born in 1915 in Tupin Raya, District Glumpang Tiga Pidie District and died in 2003 at the age of 88 years. His father was named Muhammad Ershad and his mother was Aisha. Teungku Muhammad Ali Ershad has three wives, namely Hj. Aminah, Hj. Fatimah and Hj. fatimah. Education obtained by Tengku Muhammad Ali Irsyad especially is the science of Islam both the science of fiqh, tauhid, hadith, tasawuf and others. During his death Tengku Muhammad Ali Irsyad has contributed a lot in Islamic education such as establishing Dayah Darussa'adah, spreading Islamic preaching and writing various works of Islamic nuance, (2) Thought of Teungku Muhammad Ali Irsyad in Islamic teachings of dakwah thinking, Islamic fiqh based on the teachings of ahlussunnah waljama'ah by following the Syafi'i school of thought, and the idea of tasawuf based on the Syari'ah and Syariah (3) Tengku Muhammad Ali Irsyad thought influenced by the place of pengajiannya pengahiannya ahlussunnah waljama'ah and Egyptian land where the acquisition of science falaq and tasawuf tariqat stream Syattariyah.

Keyword; Biography, of Tengku Haji Muhammad Ali Ershad

 

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul “Biografi Tengku Haji Muhammad Ali Irsyad (Abu Teupin Raya, 1915-2003)”, ini bertujuan untuk: (1) merekontruksi biografi Tengku Muhammad Ali Irsyad, 1915-2003), (2) menjelaskan pemikiran Tengku Muhammad Ali Irsyad tentang Islam dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat, 1915-2003, dan (3) menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pemikiran Tengku Muhammad Ali Irsyad tentang pendidikan, 1915-2003. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode sejarah yang terdiri dari lima langkah yaitu pemilihan tema, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Tengku Muhammad Ali Irsyad lahir tahun 1915 di Tupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie dan meninggal tahun 2003 dalam usia 88 tahun. Ayahnya bernama Muhammad Irsyad dan ibunya bernama Aisyah. Teungku Muhammad Ali Irsyad memiliki tiga orang isteri, yaitu Hj. Aminah, Hj. Fatimah dan Hj. Fatimah. Pendidikan yang diperoleh oleh Tengku Muhammad Ali Irsyad terutama ialah ilmu agama Islam baik ilmu fiqh, tauhid, hadist, tasawuf dan lain-lain. Selama hayatnya Tengku Muhammad Ali Irsyad telah banyak memberikan sumbangsih dalam pendidikan Islam seperti mendirikan Dayah Darussa’adah, menyebarkan dakwah Islamiyah dan menulis berbagai karya yang bernuansa Islam, (2) Pemikiran Teungku Muhammad Ali Irsyad dalam ajaran Islam yaitu pemikiran dakwah, pemikiran ajaran fiqh Islam berlandaskan ajaran ahlussunnah waljama’ah dengan mengikuti mazhab Syafi’i, dan pemikiran tentang tasawuf berdasarkan thariqat Syattariyah dan (3) pemikiran Tengku Muhammad Ali Irsyad dipengaruhi oleh faktor tempat pengajiannya yaitu dayah yang berfaham ahlussunnah waljama’ah dan negeri Mesir tempat memperoleh ilmu falaq dan tasawuf aliran thariqat Syattariyah.

Kata Kunci:Biografi, Tengku Haji Muhammad Ali Irsyad


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Daud, Yusri, dkk (2008). Ensiklopedi Pemikiran Ulama Aceh. Banda Aceh: UIN AR-Raniry.

Gottschalk, Louis (2006). Mengerti Sejarah. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Hugiono dan P.K.Poerwantana (1992). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Husen, Usman (2008). Sejarah Pendidikan Islam. Yogyakarta: AK. Group.

Kuntowijoyo (2001). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta : Benteng Budaya.

Moleong, Laxy (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Razali, Nurhayati (2013) Peranan Syaikhul Islam Syeikh Muhammad Waly Al-Khalidy dalam Pengembangan Pendidikan Tharekat Naqsyabandiyah di Aceh. Jurnal Ilmiah. Banda Aceh: UIN ar-Raniry.

Shabri dan Sudirman (2005). Biografi Ulama-Ulama Aceh Abad XX (Jilid III). Banda Aceh: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh.

Soemanto, Wasty (2004). Pedoman Teknik Penulisan Skripsi (Karya Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Taher, Alamsyah (2009). Metode Penelitian Sosial. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

W. Pranoto, Suhartono. (2006). Teori Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

http://Aceh.Tribunnews.com. dayah Darussaa’dah miliki cabang di laur negeri (diakses tanggal: 6 September 216).

http://cinta-zayyan .blogspot.co.id/latar belakang pemikiran teungku. html, (diakses: 6 September 2016).

www.http://Blogspot.co.id. latar belakang pemikiran tengku.hlm (diakses tanggal, 6 September 2016).

www.http//:Dayah Darussaa’dah.co.id, (diakses: 5 September 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0