PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN STRATEGI DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAKENGON

Yunita Fitri, Anwar Yoesoef, Nurasiah .

Abstract


 ABSTRACT

Education is instrumental in creating qualified and potential human beings. Based on the results of observation teachers are still often using the lecture method, so that students are less motivated in following the teaching ang learning process. One learning model that can be used is the type of learning model make a match with domino strategy. This study aims to determine the effect of cooperative learning model type make a match with domino strategy to the achievement of learning history of class X SMA Negeri 1 Takengon. This research uses quantitativ approach with experimental research type. The population of this research is all student of  X IPA SMA Negeri 1 Takengon. The sample in this research is the students of class X IPA 1 (experimental class) and students of class X IPA 3 (control class). Data colection is done by test. Data analysus techniques in this study using statistics with validity, reliability, normality, homogeneity, and t test. The result showed that the average of the students learning outcomes in the experimental class in higher than the control class (72:61). Results validity obtained a number of 21 items of questions declared valid. Test reliability using Cronbach’s Alpha value with the that is if rhitung> rtabel and vice versa N: 37 or df: N-2= 35 : rtabel: 0.274, so 0.665 > 0.274, then categorize reliable moderate. Normality test based on the output with significance value of 0.150 > 0.05 so it can be concluded taht the data taken is normally distributed. Homogeneity test using ANOVA test with value 0.614 > 0.05, then the data taken is the same data in one variant. Based on the statistical test, it is stated that there is a difference of value betwenn theexperimental class and the control class, since the p-value = 0.00 < 0.05 is Ho, which means there is a significant difference betwenn the two classes.

Keywords: Cooperative Learning, Cooperative Learning Model Type Make A Match, Domino Learning Stategy, Learning Achievement.

 

ABSTRAK

Pendidikan sangat berperan dalam menciptakan manusia yang berkualitas dan berpotensi. Berdasarkan hasil observasi guru masih sering menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran tipe make a match dengan strategi domino. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan strategi domino terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X IPA SMA Negeri 1 Takengon. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 (kelas eksperimen) dansiswa kelas X IPA 3 (kelaskontrol).Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa  pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (72:61). Hasil validitas diperoleh sejumlah 21 butir pertanyaan yang dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’s Alpha dengan pengujian yaitu jika rhitung> rtabel dan sebaliknya N: 37 atau df: N-2 = 35: rtabel: 0.274, jadi 0.665 > 0.274,  maka dapat kategorikan reliabel moderat.  Uji normalitas berdasarkan hasil output dengan nilai signifikansi sebesar 0,150 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang diambil berdistribusi normal.Uji homogenitas menggunakan tes ANOVA dengan nilai 0.614 > 0,05, makadata yang diambil adalah data yang sama dalam satu varian. Berdasarkan pengujian statistik dinyatakan bahwa ada perbedaan nilai antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena nilai p-value= 0,00 < 0,05 terima Ho yang artinya ada perbedaan signifikan rata-rata antara kedua kelas.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Strategi Pembelajaran Domino, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alhusin, Syahri. 2013. Aplikasi Statistik Praktis Dengan SPSS. 10 For Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasibuan dan Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mu’in, Fatchul. 2016. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang dan Setiawan, Ari. 2013. Statistika Kesehatan: Paramatrik, Non Paramatrik, Validitas, dan Reliabilitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Uno, B Hamzah. 2011. Model Pembelajaran:Menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0