PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN STRATEGI BISNIS BERISIKO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 15 TAKENGON

Isna Rianti, Anwar Yoesoef, Nurasiah ,

Abstract


ABSTRAK

Bagi setiap bangsa pendidikan mempunyai peranan yang penting. Sekolah merupakan lembaga yang dirancang untuk melaksanakan pendidikan. Beberapa sekolah masih ada guru yang menerapkan proses belajar mengajar cenderung membosankan dan kurang menarik perhatian siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan memadukan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered HeadsTogetherdengan strategi bisnis berisiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan strategi bisnis berisiko terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Takengon. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dengan tekniktotal sampling. Siswa kelas XI IPS.2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS.1 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan uji validitas dan uji reliabilitas, selanjutnya  uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji-t. Pengujian pada kelas eksperimen terdapat 17 butir pertanyaan yang valid dan reliabel. Uji normalitas, signifikansi 0.059>0.05 ini berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas terdapat keseragaman data atau punya varians yang sama. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togetherdengan strategi bisnis berisiko di SMA Negeri 15 Takengon dengan  rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 82, sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol 64. Berdasarkan pengujian statistik dinyatakan bahwa ada perbedaan nilai antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena nilai p-value = 0,00 < 0,05 berarti terima Hoyang artinya ada perbedaan signifikan rata-rata antara dua kelas.

 

Kata Kunci:Bisinis Berisiko, Model Pembelajaran Numbered Heads Together,Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar.

 

 

ABSTRACT

For every nation education has an important role. School is an institution designed to carry out education. Some school still have teachers who implement teaching and learning processes tend to be boring and less attention to students. One effort to improve student achievement is by combining cooperetive learning type Numbered Heads Together with risky business strategy. This study aims to determine the effect of cooperative learning type Numbered Heads Together with business at risk to the achievement of student learning history of class XI IPS SMA Negeri 15 Takengon. The approach used is aquantitative approach with the type of experimental research. The population in this study is all students of class XI IPS with total sampling technique. The sudents of class XI IPS.2 as the control class and XI IPS.1 as the experimental class, each of which amounted to 28 students. Data collection is done by test. Data analysis technique in this research with validity test and reliability test, then normality test and homogenity test, and t-test. Testing in the experimental class there are 17 questions that are valid and reliable. Normality test, significance 0.059 > 0.05 this means normal distributed data. Homogeneity test have uniformity of data or have the same variance. The risult of the research shows that there is influence of the application of cooperative learning type Numbered Heads Together with risky business strategy in SMA Negeri 15 Takengon with avarage value of control class 64. Based on statistical test stated that there the difference in value between the experimental class and the control class, since the p-value = 0.00 < 0.05 means Ho accept which means there is a significant difference of mean between the two clases.

                                                                                           

Keywords: Risk Business, Learning model Numbered Heads Together, Coopeative Learning Achievement.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alhusin, Syahri. 2003. Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS. 10 For Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djamarah, SyaifulBahridan Aswan Zain. 2010. StrategiBelajarMengajar. Jakarta: RinekaCipta.

Ginnis, Paul. 2008. TrikdanTaktikMengajar, StrategiMeningkatkanPencapaianPengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual, Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Refika Adiatama.

Margono.2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta:Prenada Media Group.

Sudjana. 2005. Metode Statistika.Bandung: PT. Tarsito.

Sunyoto, Danang dan Ari Setiawan. 2013. Statistik Kesehatan, Paramatrik, Non paramatrik, Validitas, dan Reliabilitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0