Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo

Ariyanto Nggilu, Safrin Lamusrin, Naufal Raffi Arrazaq, Lukman Samatowa

Abstract


Kurangnya motivasi belajar siswa didalam kelas, terlihat dari kurangnya antusiaisme mereka dalam menerima pelajaran, kurang memperhatikan Guru saat belajar, dan lebih memilih bermain handphone, jarang hadir di dalam kelas serta dibeberapa kesempatan ada yang tidak masuk kelas karena lebih memilih ikut-ikutan bersama teman-temannya untuk tidak masuk ke kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memotret bagaimana kegiatan pembelajaran siswa serta bagaimana penggunaan model pembelajaran Guru di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa akan termotivasi untuk belajar apabila siswa merasa relevansi materi sesuai dengan kehidupan mereka dan merasa taktif terlibat, dan penggunaan model pembelajaran yang menarik, juga sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru PPkn

Keywords


Strategi Guru PPKn, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Adha, C., Fadilla, S., & Muhammad, N. (2024). Pentingnya Strategi Pembelajaran Efektif Yang Berpusat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.539

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121

Harun, F., & Arsyad, L. (2020). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(2), 139–155. https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.79

Ismail Reska Putri, Monoarfa Fidyawati, Aries Nur Sakinah, Nggilu Ariyanto, 2023. Pengetahuan Politik Pada Anak Usia Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research. Vol. 3, No. 2, Hal 13114-13123

Lamusrin Safrin, Saleh Abdul Muin, Nggilu Ariyanto. 2024. Menumbuhkan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Sma Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Civic Education Law And Humaniora. Vol. 2, No. 1, Hal. 90-95

Lukum Roni, Al Hamid Saleh, Nggilu Ariyanto, Kilo Haikal, 2023. Pentingnya Mencegah Perilaku Menyimpang Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 2 Gorontalo Utara. Jurnal Community Development Journal. Vol. 4, No. 4, Hal. 9179-9182

Mubarak, Yurfiah, Yusuf Budi, Radiyah Isna, Awaru Octamaya, Nggilu Ariyanto, 2024. Pengantar Sosiologi Pendidikan, Medan : Penerbit Yayasan Kita menulis.

Muslihudin, M., & Arumita, A. W. (2016). Pembuatan Model Penilain Proses Belajar Mengajar Perguruan Tinggi Menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighting(SAW). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 6–7. https://www.ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1296

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. In G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Vol. 3, Issue 1).

Nggilu Ariyanto, Abas Yasrin, 2023. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa, Jurnal normalita Vol. 11, No. 3, Hlm. 475-478

Nggilu Ariyanto, Djaafar Lucyane, Ngiu Zulaecha, 2018. Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Kota Gorontalo (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo). Jps : Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Vol. 03, No. 2, Hal. 235-240

Nggilu Ariyanto, Ismail Reska Putri, Kamuli Sukarman, Lakadjo Mohamad Awal, Agim Moh, Yusup Karmila G, 2023. Penerapan Media Pembelajaran BerbasisProyektor Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. Vol. 3, No. 2, Hal 10060-10068

Nggilu Ariyanto, Mursalim Muhammad Akram, Mohamad Wahyu Mu’zizat, Adjie Zulfikar, 2024. Dampak game online terhadap perilaku siswa pada proses pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8, No. 1, Hal 3165-3170

Ngiu Zulaecha, Nggilu Ariyanto, Pandi Taufik, 2023. Dampak Media Sosial terhadap perilaku siswa di Madrasah Aliyah Swasta Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Civic Education Law And Humaniora. Vol. 1, No. 1, Hal. 25-29

Ningsih, D. M. (2023). Pentingnya Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/z8ek6

Seknum, m faqih. (2013). Jurnal Biology Science & Education 2013 NUR ALIM. N. Jurnal Biology Science & Education, 2(2), 159–169.

Sirait Syahriani, Kholifah Nur, Saputro Agung, Parrangan Jefri, Hutagaol Kartini, Nggilu Ariyanto, Nurtanto M, Sinaga Eka, Irdiyansyah Iyan, 2024. Model Pendidikan Karakter, Medan : Penerbit Yayasan Kita menulis.

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), hal 179.

Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021). Strategi pembelajaran (Issue March).

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.33580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0