Pengaruh Media Pemelajaran Audio Visual Berbasis Podcast Terhadap Keterampilan Literasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ciruas.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media audio visual berbasis podcast terhadap keterampilan literasi pada mata pelajaran sejarah materi proklmasi kemerdekaan Indonesia kelas XI IPA di SMAN 1 Ciruas. Selain untuk mengetahui pengaruh dari media dalam penelitian ini juga dilakukan uji keefektifan dari media audio visual berbasis podcast sebagai bahan ajar dikelas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuasi eksperimen dan pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan preteset dan posttest. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan Thitung = 8.621 > Ttabel 1.687 maka H0 ditolak, Ha diterima maka dapat diartikan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan media audio visual berbasis podcast terhadap keterampilan literasi siswa. Dan Nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan jika Thitung = 14.310 >Ttabel 1.687 maka Ho ditolak, Ha diterima, bahwa dapat diartikan terdapat efektifitas terhadap penggunaan media audio visual berbasis podcast terhadap keterampilan literasi siswa. pengaruh yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis podcast terhadap keterampilan literasi berdasarkan hasil jawaban peserta didik dan observasi pada saat penelitian yaitu peserta didik dapat menjawab peratanyaan dengan baik setelah diberikannya perlakukan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berbasisi podcast. Selain itu, peserta didik aktif dalam proses pembelajaran dikelas sehingga terjadi proses diskusi yang panjang dalam proses pembelajaran, serta penggunaan media pembelajaran audio visual berbasisi podcast ini memberikan kesan baru dalam proses pembelajaran yang diterima peserta didik.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Podcast, Keterampilan Literasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abiding, Yunus,dkk. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara
Agung, L. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Brian Garvey & Mary Krug. (2015). Model-Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak
Dananjaya, Utomo. (2017). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa
Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran:Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hamid, Abd Rahman, dkk. (2015). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Hasyim, Adelina. (2016). Metode Penelitian Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya
Hermiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Indrawan, Rully, dkk. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung: Refika Aditama
Ismail, Fajri. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenademedia Group
Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya. E-Book
Mahfud, Choirul. (2006). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Penyusun. (2016). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintahan RI Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara
Pribadi, Banny A. (2019). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryadi, Ahmad. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak
Suwandi, Sarwiji. (2019). Pendidikan Literasi Membangun Budaya Belajar, Profesionalisme Pendidik, dan Budaya Kewirausahaan Untuk Mewujudkan Marwah Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tim, S.G. (2018). Buku Panduan Praktis Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud Direektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Herlina, N. (2020). “Metode Sejarah”. Jurnal Satya Historika. 1
Maposa, M, dkk. (2009). “Conceptualising Historical Literacy-a Review Of The Literature”. Yesterday and Today. (4) hlm 41-66
Maslahah, W, dkk. (2019). “Pengembangan Bahan Ajar (Modul) Sejarah Indonesia Berbasis Candi-Candi di Blitar Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah”. Jurnal Sejarah dan Pembelajaran. 9(1) hlm 32
Nurita, Teni. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah, dan Tarbiyah. 3(1) hlm 171
Rosmiati, Nuri Seftiani, dkk. (2022). “Media Pembelajaran Podcast Pada Mata Pelajaran IPS Memaknai Kemerdekaan Untuk Siswa SEkolah Dasar”. Jurnal Basicedu. 6(4) hlm 5985-5993
Wibowo, TUSH. (2017). “Membangun Literasi Sejarah Lokal di Kalangan Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Keunikan Toponimi Kawasan Banten Lama”. The 1St International Conference On Lagueage, Literature and Teaching. (1) hlm 976-986.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i3.31709
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0