Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa kelas X di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dangu, H. (2022). Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dishinta, D. D. (2020). Efektifitas Penggunaan Whatsapp sebagai Media Belajar Kelas II SD Islam An Nizomiyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Website::Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit,1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Emda, A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hanifah, E. N., & Wulandari, T. (2018). Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka. Jipsindo, 5(1), 21–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/20184
Indriyani, R. (2019). Metode Pembelajaran Efektif. Jakarta: Gramedia. Irwanti, S. (2023). Aktivitas Belajar Siswa. Yogyakarta: Media Abadi. Jasmiati, A. (2023). Psikologi Pendidikan Anak. Jakarta: Rajawali Press.
Martha, Y., Sa, D., Maulana, H., & Warto, W. (2023). Konsep Dasar Sejarah: Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggak Ika, 1(4), 164–176. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.285
Mawardi, F. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif. Surabaya: Penerbit Surya.
Miftakhuddin, A. S. (2021). Konsep dasar sejarah : Pengantar untuk pembelajaran IPS.
Ejournal Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, 6(1), 1–10.
Pane, A. (2017). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Purwaningsih, S. (2023). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Rai, I., Suryatini, K. Y., & Budiyasa, I. W. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Beberapa Metode Pembelajaran Inovatif. Emasains, 6(2). http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/2024/
Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran(Pendidikan Dasar). Cendekia; Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09(02), 193–210.
Sudrajat, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sumiyati, L. (2021). Sejarah untuk Pendidikan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Susilo, A., & Asmara, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Yupa: Historical Studies Journal, 4(1), 20–28. https://doi.org/10.30872/yupa.v4i1.214
Susilo, A., & Irwansyah, Y. (2019). Pendidikan dan Kearifan Lokal Era Perspektif Global. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.193
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Widianto, R. (2019). Model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Permainan Card Sort Untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Materi Peradaban Awal Dunia Bagi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri. Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Sejarah, 8(1), 19–24.
Winardi, H. (2018). Psikologi Pendidikan Modern. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i3.31224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0