Penerapan Media Pembelajaran Canva Berbasis Picture Pada Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar

Regita Nada Hervanis*, Ira Miyarni Sustianingsih, Agus Susilo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah kaitanm Penerapan Media Pembelajaran Canva Berbasis Picture Pada Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) yang terdiri dari dua kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik eksperimen semu, yang menjadikan sampel pada penelitian ini sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan teknik dokumen berupa nilai Ujian Tengah Semester (UTS) siswa di semester ganjil dan genap untuk melihat tingkat minat yang dimiliki siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tenik korelasi dan normalitas sehingga analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif (inferensi) atau menggunakan formula statistic matematis. 


Keywords


Media Canva, Minat Belajar, Pembelajaran, Picture

Full Text:

PDF

References


Akrim, (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa. Bantul Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Arisca. (2019). Efektivitas Pendekatan Accelerated Learning (A.L) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Palopo. Other Thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Danuri, Muhamad. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2), 116–123. https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.178

Djamal. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan. Diakses dari books.google.com.

Ihsana El Khuluqo. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pembelajaran. Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Limbong, Masdar, dkk. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Mulia, A., & Wakhinuddin, W. (2021). Kontribusi Sumber Belajar dan Internal Locus of Controll Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31788

Nugraheni, A. (2023). Pengaruh Lingkungan, Kepercayaan Diri, dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Generasi Z Di Kecamatan Tambaksari Surabaya. SOSIALITA, 2(2), 388–402.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sarkowi, Agus Susilo, Ira Miyarni Sustianingsih. (2023). Sosialisasi Situs Ulak Lebar Sebagai Warisan Sejarah Lokal pada Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Kota Lubuklinggau. JOURNAL OF SOCIAL RESPONSIBILITY PROJECTS BY HIGHER EDUCATION FORUM, 3(3), 230−235. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i3.3190

Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i3.30707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0