Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Astrini Eka Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran sejarah guna meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur. Metode ini melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis informasi dari berbagai sumber yang relevan, seperti jurnal ilmiah, buku, artikel, dan laporan penelitian sebelumnya.  Hasil penelitian menunjukkan media digital yang dapat digunakan termasuk video edukatif, simulasi interaktif, permainan edukasi, aplikasi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), serta platform e-learning. bahwa penggunaan media pembelajaran digital secara signifikan meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Media digital ini membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan imersif, yang pada gilirannya meningkatkan keterampilan analitis dan pemahaman mendalam tentang materi sejarah. Pembentukan kelompok belajar dalam model pembelajaran kooperatif juga terbukti efektif dalam memfasilitasi diskusi dan kolaborasi antar siswa, yang berkontribusi pada peningkatan keterampilan berpikir kritis mereka. Dengan demikian, integrasi teknologi digital dalam pembelajaran sejarah tidak hanya memfasilitasi pemahaman materi yang lebih baik tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan engaging.

Keywords


media digital; pembelajaran sejarah; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 97–108. http://103.114.35.30/index.php/Pro/article/view/4813

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 40–45. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3909

Arif, S., Rachmedia, V., & Pratama, R. A. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 435–446. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4685

Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (Arc) Candi–Candi Masa Singhasari Berbasis Unity3D pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p176

Firmansyah, H., & Bibi, S. (2020). PENGEMBANGAN APLIKASI “PONTIANAK HERITAGE” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(2), 157–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um0330v3i2p157-169

Firmansyah, H., & Minandar, F. (2021). The Use of Madrasah E-Learning for Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 531–542. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1. 503

Hidayati, A., & Bibi, S. (2020). Teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Pontianak Heritage. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 37. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1306

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Maulani, M. R. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Media Pembelajaran Sejarah. Thesis Commons, November(4), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/7g3ea

Puška, A., Puška, E., Dragić, L., Maksimović, A., & Osmanović, N. (2021). Students’ Satisfaction with E-learning Platforms in Bosnia and Herzegovina. Technology, Knowledge and Learning, 26(1), 173–191. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09446-6

Sari, M. (2017). Peta Digital : Inovasi Pembelajaran Produktif Abad 21 dengan Smartphone dalam Pembelajaran Sejarah. In Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/10987

Saufi, I. A. M., & Rizka, M. A. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 55–59. https://doi.org/10.33394/JTP.V6I1.3626

Sinambela, M. B. W., Soepriyanto, Y., & Adi, E. P. (2018). Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 7–12. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2816/2176

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah; Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Presindo.

Uliontang, Setyati, E., & Chandra, F. H. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality Pada Media Pembelajaran. Teknika : Engineering and Sains Journal, 4(1), 19–26.

Utari, S. D., Agustin, M. L., Dzikri, A. M., & Ayundasari, L. (2021). Perancangan Aplikasi Virtual Reality Cagar Budaya untuk Pembelajaran Sejarah Lokal. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(2), 103–114. https://doi.org/10.17509/historia.v4i2.25740




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0