Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan media pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di SMA Mujahiddin Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan partisipan berupa siswa dan guru sejarah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital, seperti aplikasi interaktif dan video edukasi, dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan menyajikan materi sejarah secara lebih menarik dan visual, sehingga siswa lebih tertarik untuk mempelajari dan memahami materi sejarah. Media digital juga membantu siswa dalam memahami dan menghargai materi yang dipelajari, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sejarah. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran digital dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 97–108. http://103.114.35.30/index.php/Pro/article/view/4813
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Firmansyah, H., & Bibi, S. (2020). PENGEMBANGAN APLIKASI “PONTIANAK HERITAGE” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(2), 157–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um0330v3i2p157-169
Firmansyah, H., Noor, A. S., & Chalimi, I. R. (2021). Penggunaan Biografi Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 158. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8005
Harismawan, W. (2020). Penggunaan Komik Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMA. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1), 40–50. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm/article/view/634
Hasan, S. H. (2010). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN SEJARAH.
Hasanah, B. A., Firmansyah, A., & Firmansyah, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1913–1924. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5294
Pramayogi, I., Puji, R. P. N., & Hartanto, W. (2019). INOVASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Sindang; Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(2), 17–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sdg.v1i2.257
Rifky Maulani, M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Media Pembelajaran Sejarah. Thesis Commons, November(4), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/7g3ea
Yusuf A, M., Ibrahim, N., & Kurniawati. (2018). Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Visipena Journal, 9(2), 215–235. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.455
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0