Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Padlet pada Pembelajaran Sejarah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik, khususnya dalam pembelajaran sejarah, sehingga menimbulkan ketertarikan peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah lebih rendah dibanding mata pelajaran lain. Permasalahan tersebut menyebabkan pembelajaran sejarah menjadi sangat membosankan, tidak menarik dan menimbulkan sikap pasif dari peserta didik. Jika permasalahan ini terus berlanjut akan berdampak pada kurangnya keinginan dan motivasi belajar peserta didik sehingga menyebabkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran sejarah menghasilkan hasil belajar yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan produk media pembelajaran berbasis aplikasi padlet yang dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam mempelajari sejarah khususnya materi sejarah berita proklamasi kemerdekaan Indonesia di banten. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Berdasarkan penilaian kelayakan ahli materi dan ahli media, pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi padlet termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase nilai dari ahli materi sebesar 91,85% dan dari ahli media sebesar 100%. Kemudian, berdasarkan hasil penilaian kepraktisan dari pendidik dan 33 peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase nilai dari praktisi pendidik sebesar 89,23% dan dari praktisi peserta didik sebesar 84,68% dan mampu menarik motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah. Dengan demikian media pembelajaran berbasis aplikasi padlet pada pembelajaran sejarah dengan materi berita proklamasi kemerdekaan Indonesia di Banten layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah di kelas maupun untuk pembelajaran secara mandiri.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Sejarah, Aplikasi PadletKeywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fambayun, Umaira dan Hendra Permana. (2021). Orang-orang Rangkasbitung sebuah Prospografi. Banten: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak.
Fattah, Nanang. (2014). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fauzan, Rikza dkk. (2019). Pengembangan Media Flash Flipbook Digital dalam Pembelajaran Sejarah SMA Materi Sejarah Lokal Geger Cilegon 1888 Di SMA Negeri 1 Ciruas. Jurnal: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. Vol.2, No. 2.
Hadi, Nurul dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mading Digital Padlet untuk Meningkatkan Motivasi dan Budaya Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal: Basicedu. Vol. 06, No. 5, Hal. 8614 – 8625.
Hafid, H. Abd. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal: Sulesana. Vol. 06, No. 02.
Hakiki, Afwan. (2022). Sejarah Kabupaten Lebak Riwayat Kesultanan dan Karesidenan Banten. Jawa Timur: Detak Pustaka.
Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, Hamdani. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Hasyim, Adelina. (2016). Metode Penelitian Pengembangan Di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Indriyani, Lemi. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Jurnal: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 2, No. 1.
Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya. E-Book.
Lubis, Nina H. (2004). Banten Dalam Pergumulan Sejarah: Sultan, Ulama, Jawara. Jakarta: LP3ES Indonesia.
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal: Misykat. Vol. 03, No. 01.
Pribadi, Benny A. (2019). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.
Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Media Group.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, Permana Arif dkk. (2022). Pemilihan Aplikasi Active Presenter untuk Pembuatan Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal: Pendidikan Sejarah Indonesia. Vol. 5, No. 2.
Sadiman, Arief S, dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryadi, Ahmad. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.
Suryani, Nunuk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Jurnal: Sejarah dan Budaya. Vol. 10, No. 2.
Suyono dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30027
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0