The Effect Of The Flipped Classroom Learning Model On Students' Learning Achievment In The History Subject

Atika Ramadhani*, Husaini Husaini, Abdul Azis

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian  pre-experimental design berbentuk one group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 5 Lhokseumawe tahun ajaran 2023 2024 yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis.  Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS 1 Di SMA Negeri 5 Lhokseumawe.


Keywords


Flipped Classroom, Learning Model, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Ario, M & Astra, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 82-88

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya

Kurniawan, A & Dkk. (2022). Model Pembelajaran di Era Society 5.0. Jakarta: PT Global Eksekutif Teknologi

Kuswardani, S. (2020). Implementasi Supervisi. Semarang: CV Pilar Nusantara

Madjid, M. D & Wahyudi, J. (2014). Ilmu Sejarah sebuah pengantar. Jakarta: Prenada Media Group

Maki, I & Aflahah. (2019). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Duta Media

Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak

Nuryadi & Dkk (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yongyakarta: Sibuku Media.

Patandean, Y. R & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri dan Mampu Berkolaborasi Dalam Pembelajaran Yang Responsif. Yongyakarta: CV Andi Offset

Pratiwi, A & Dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence Dan Hasil Belajar Siswa SMAN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kimia

Rianto, S & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen. Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yongyakarta: CV Budi Utama

Rosyid, M. Z. & Dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara

Sania, N. R. & Dkk. (2022). Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Kemampua Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN Almaarif Singosari. Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarah, 9 (2):130-136

Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yongyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia

Shohib & Anistyasari, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal IT Edu, 2 (2):26-35

Siyoto, S & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yongyakarta: Literasi Media Publishing

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yongyakarta: Deepublish

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. Banjarmasin: Aswaja Pressindo

Sutiah, (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Walidah, Z. & Dkk (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2):71-77

Wicaksono, A. G. (2012). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya). Surakarta: Unissri Press

Yusrizal. (2016). Pengukuran dan Evaluasi Hasil dan Proses Belajar. Yogyakarta: Pale Meddia Prima.

Yusuf, M. (2017). Metode penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.29795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0