The Effect Of The Flipped Classroom Learning Model On Students' Learning Achievment In The History Subject
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design berbentuk one group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 5 Lhokseumawe tahun ajaran 2023 2024 yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS 1 Di SMA Negeri 5 Lhokseumawe.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ario, M & Astra, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 82-88
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya
Kurniawan, A & Dkk. (2022). Model Pembelajaran di Era Society 5.0. Jakarta: PT Global Eksekutif Teknologi
Kuswardani, S. (2020). Implementasi Supervisi. Semarang: CV Pilar Nusantara
Madjid, M. D & Wahyudi, J. (2014). Ilmu Sejarah sebuah pengantar. Jakarta: Prenada Media Group
Maki, I & Aflahah. (2019). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Duta Media
Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak
Nuryadi & Dkk (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yongyakarta: Sibuku Media.
Patandean, Y. R & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri dan Mampu Berkolaborasi Dalam Pembelajaran Yang Responsif. Yongyakarta: CV Andi Offset
Pratiwi, A & Dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence Dan Hasil Belajar Siswa SMAN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kimia
Rianto, S & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen. Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yongyakarta: CV Budi Utama
Rosyid, M. Z. & Dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara
Sania, N. R. & Dkk. (2022). Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Kemampua Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN Almaarif Singosari. Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarah, 9 (2):130-136
Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yongyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia
Shohib & Anistyasari, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal IT Edu, 2 (2):26-35
Siyoto, S & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yongyakarta: Literasi Media Publishing
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yongyakarta: Deepublish
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. Banjarmasin: Aswaja Pressindo
Sutiah, (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Walidah, Z. & Dkk (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2):71-77
Wicaksono, A. G. (2012). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya). Surakarta: Unissri Press
Yusrizal. (2016). Pengukuran dan Evaluasi Hasil dan Proses Belajar. Yogyakarta: Pale Meddia Prima.
Yusuf, M. (2017). Metode penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.29795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0