Analisis Pengembangan Media E – Komik Materi Kerajaan Sriwiaya Dalam Pembelajaran Sejarah

Fredy Dermawan*, Samsidar Tanjung, Rivani Angela Ginting, Yenni Br Sembiring, Hafnita Sari Dewi Lubis

Abstract


Hingga saat ini, banyak pemikiran yang harus diubah terkait dengan fokus pada sejarah. Di sekolah, garis besar yang dianggap melelahkan oleh siswa biasanya menyertakan model asli. Kebanyakan siswa menganggap model asli melelahkan karena mereka hanya fokus pada mengingat karakter, kesempatan, dan tempat yang unik. Hal lain yang membuat penggambaran di sekolah terkesan membosankan adalah karena guru yang menampilkan jiwa atau semangat sejarah itu sendiri tidak bisa. Dalam ujian kali ini, strategi tes yang digunakan adalah pengembangan dengan menggunakan ranah dasar, yaitu pengembangan media pembelajaran Sejarah yang diperkenalkan dalam bentuk komik yang diharapkan dapat memudahkan pendidik dalam menyampaikan contoh materi dan membantu siswa dalam memahami materi. Dari hasil tes ini, 80% seluruh anggota kelas mampu mempertahankan materi yang disampaikan dengan baik sehingga tujuan akhir dapat tercapai. Melalui komik, menciptakan perjumpaan dapat mewujudkan faktor-faktor nyata siswa dalam pembelajarannya. Media pembelajaran melalui komik yang menarik dan ringan berarti siswa sering kali tertarik untuk belajar lebih banyak. atau sebaliknya, ceritanya dibedakan dengan memanfaatkan kesempatan mereka untuk membaca dengan cermat materi pemahaman sekolah.

Keywords


E-Komik, Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Diani Ayu Pratiwi, M. P., Lawe, Y. U., Munir, M., Wahab, A., Prananda, G., Safiah, I., Efendi, D., Fairuz, T., Ricky, Z., & Fazilla, S. (2021). Perencanaan pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Fatimah, A. (2023). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MUHAMMADIYAH PAKEM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 2(01).

Fitri Mulyani, N. H. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1(1), 28–42.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1).

Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 39–44.

Maghfuri, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru, Kualitas Layanan Pendidikan dan Standar Kompetensi Lulusan Berdasarkan ISO 9001: 2008 Terhadap Kemampuan Life Skills Peserta Didik di SMK Negeri 1 Bumijawa. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 67–78.

Pancar Kasih, P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Magister Pendidikan IPA.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163–173.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suryadi, A. (2012). Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogia, 1(1), 74–84.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.

Suyati, E. S., & Rozikin, A. Z. (2021). Belajar dan pembelajaran.

Tabroni, R., Zakaria, M. M., Dienaputra, R. D., & Mulyadi, R. M. (2020). Memandang Wajah Negara Islam Di Indonesia: Usaha Pembelajaran Sejarah Melalui Materi Konflik. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 10(1), 16–34.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.29762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0