The Effectiveness of Implementing the Environmental Learning Model on the Interest in Learning History of Class XII IPS Students of 16 Banda Aceh
Abstract
Model pembelajaran lingkungan mengacu pada pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Model pembelajaran lingkungan memberikan kemudahan bagi guru untuk mengintegrasikan pembelajaran ke dalam kurikulum, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan model pembelajaran lingkungan hidup pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 16 Banda Aceh. (2) mengetahui seberapa tertarik siswa kelas XII IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh terhadap pembelajaran sejarah dengan menerapkan model pembelajaran lingkungan hidup. Latar belakang masalah dalam penelitian ini disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS SMAN 16 Banda Aceh yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil lembar observasi diketahui keterlaksanaan model pembelajaran lingkungan hidup sebesar 90%. Dan pada lembar observasi untuk melihat minat siswa diperoleh hasil sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil angket diperoleh hasil bahwa pada kelas XII IPS sebesar 79%. Hasil tersebut menjelaskan bahwa keefektifan penerapan model pembelajaran lingkungan hidup berpengaruh terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Fuad, Z. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42-54.
Ahdar Djamaludin &Wardana, 2019 Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, Sulawesi Selatan : CV Kaffah Learning Center.
Abid, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Environmental Learning terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 127-140.
Flantika, F.R.,Wsil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., WWahyuni, S.,Mow, e., Jonata, Mashudi, I.,Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwat, K., Noflidaputri, R.,Nuryami,7 Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. GlobalEksekutif Teknologi
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, et. al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Ilmu.
Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran . Jakarta : Mata Kata Inspirasi.
Herawati, N., & Hidayat, A. (2020). Peranan guru dalam efektivitas kegiatan belajar mengajar pada paud Rose Jakarta. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5(4), 200-214.
Hidayah, E. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Pendidikan Maematika Dan IPA. 11 (2).
Khoiriyah, A. (2019). Peningkatan hasil belajar ips melalui model environmental learning. BASIC EDUCATION, 8(7), 677-685.
Masruri (2017). Analisis Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP). Jurnal of Governance And Public Policy 4 (2).368
Mujayanti, N., & Sumiyatun, S. (2016). Kontruksi Pembelajaran Sejarah Melalui: Problem Based Learning (PBL). Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4 (2),81-90
Muhammedi.(2017). Psikologi Belajar. Medan: Larispa Indonesia
Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(2).
Nasution Ahmadriswan. (2020). Pengujian Hipotesis.jurnal hipotesis.
Nisa, H. U., Nurbaeti, R. U., & Budiana, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1528–1535.
Padang, F.A.L., Ramlawati, Yunus, S.R., & Samputri, S. (2021). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN Makassar ( Studi pada materi pokoksistem organisasi kehidupan makhluk hidup). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA II.
Perdiawan, Z., & Tini, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Environmental Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Binomial, 4(2), 109-124.
Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., Yusup, M., Lutfiani, N., & Ramadhan, T. (2021). Pengembangan Program Studi Bisnis digital bagi pengusaha dengan perangkat lunak lean. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(2), 52-59.
Slamento. (2015) . Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Rajawalgi Press
Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131-143.
Tersiana Andra. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Tumewu, W. A., Wowor, E. C., & Rogahang, M. K. (2020). widya anjelia. Efektivitas environmental learning Bagi Mahasiswa, 4(4), 2598–9944.
Wahyuningtyas, Y. (2016). Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berbasis Kompetensi di SMA. Jakarta: Kencana.
Waeni S. (2019) Pengaruh Model Enviromental Learning Berwawasan Konservasi Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Pemahaman Konsep Dan Karakter Peduli Lingkungan. [Skripsi, Universitas Negeri Semarang]), Semarang.
Zahro, M., sumardi, & marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. The Imlementation Of The Character Education In History Teaching, 1(1).
Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir MediaPres.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0