Tingkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Pendekatan Inovatif: Implementasi Kegiatan Meronce dengan Loose Parts dalam Konteks Pendidikan Anak Usia Dini

Lailatul Hidayah*, Kartika Fajriani, Dini Dwi Junistira, Sinar Sinar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui pendekatan inovatif, khususnya implementasi kegiatan meronce dengan loose parts dalam konteks pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Studi kasus adalah bagian dari salah satu jenis penelitian kualitaif dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap kejadian, proses, aktiftas, terhadap satu atau lebih orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari miles dan hubermant. Uji kredibilitas menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Sumber data adalah guru dan orang tua peserta didik pada Taman Kanak Kanak Keledang Kecamatan Loa Janan Ilir Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan Penerapan metode meronce dengan media loose parts pada memberikan stimulasi motorik halus anak berdampak pada semua seluruh aspek perkembangan anak, sehingga dapat meningkatakan hasil belajar anak terlihat dari tercapainya kompetensi dasar sesuai dengan perkembangan usianya dan munculnya disetiap aspek indikator perkembnagna motorik halus sesuai STPPA. Anak juga terlatih untuk mengembangkan ide-idenya berdasarkan bahan loose parts yang ditemukannya di rumah. Implikasi metode meronce dengan media loose parts ini mengindikasikan bahwa pembelajaran pada kelompok B di Taman Kanak Kanak Keledang Kecamatan Loa Janan Ilir Samarinda, sangat bermanfaat bagi anak didik, guru dan orang tua dari, sehingga dapat dijadikan sebagai metode bermain dan belajar yang sangat inovatif.

Keywords


motorik halus, loose parts, meronce, kompetensi dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rudiyanto. (2016). Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Darussalam Press Lampung. Way Jepara.

Dwiyama, F., Awaliana, S., Pattola, T. K., Kecamatan, P., & Kabupaten Bone, A. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Loose parts dalam Meningkatkan Kualitas Belajar (Vol. 11, Issue 2). http://conference.um.ac.id/index.php/mnj/article/view/1878.

Endang, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas Pada Siswa Kelompok B TK Sabila Kota Bandar Lampung. 2.

Fajriani, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Keterampilan Hidup Montessori pada Anak Kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 1-13.

Fauziyah, M., & Agustin Ningrum, M. (n.d.). Pengembangan Media Liputan Berbasis Loose Parts Untuk Mengenalkan Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun (Vol. 11).

Flannigan, C., & Dietze, B (2017) Children, outdoor play, and loose parts. Journal of Childhood Studies, 53-60.

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose parts. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Indhra, F. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Menggunakan Media Loose parts Pada Anak Kelompok B TK Tunas Inti Dusun Tebo Jaya Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo.

PERMENDIKBUD RI Nomer 137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun.

Rahardjo, M. M. (2019). How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group Discussion in Indonesia.Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 310-326.

Rahmawati, P., Sumitra, A., & Siliwangi, I. (2020). Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. 3(2), 2714–4107

Siskawati, S. and Herawati, H., (2021). Efektivitas Media Loose parts di PAUD Kelompok A Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 15(1), pp.41-47.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0