The Influence of the Learning Together Type Cooperative Learning Model Assisted by Smart Closet Media on Students' Social Sciences Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran KORUFSI (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Quare Pada Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIII C SMP Negeri 1 Lamphong tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993., 6(2), 980–993.
Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437.
Aprilia, R., Shofyanis, A., & Nofrita. (2019). Penerapan Model Explicit Instruction dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar. Jurnal Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana, 2(1).
Aprilliani, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Lemari Pintar Berbasis Literasi Dalam Kemampuan Membaca Peserta Didik Dasar, Di Kelas III Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Ariani, N., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung.
Basam, F. (2022). Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Model Kooperatif Numbered Heads Together. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(1), 100–106.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In A. Syaddad (Ed.), CV Kaaffah Learning Center (Satu). CV. Kaaf Learnimg Center.
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(1), 2175–2182.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Buku Ilmu Pendidikan: Konsep Teori dan Aplikasinya (C. Wijaya & A. Amiruddin (eds.); Pertama). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). http://repository.uinsu.ac.id/8064/
Ike, S., Nora, S., & Arief, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap hasil belajar Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha di Kabupaten Padang Pariaman. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(Mi), 5–24.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Mustamiin, M. zaina. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sdn 5 Banyumulek Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Visionary (VIS) Prodi AP UNDIKMA 2020, 9(1), 62–70.
Nas, M. K., & Sulistyo, E. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video Di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3), 939–944.
Nuriyanti, R., & Supraptiningsih, L. K. (2019). Validasi Media Pembelajaran Lemari Pintar di RA Al Kholafiyah Probolinggo. 06(02), 52–58.
Palimbong, S. M., Pompeng, O. D. Y., & Widia, W. (2022). Pengaruh penerapan surat pemberitahuan elektronik (e-spt) masa pajak pertambahan nilai (ppn) terhadap kepatuhan wajib pajak. Akuntabel, 19(2), 475–481. https://doi.org/10.30872/jakt.v19i2.11169
Risnawati, Andrasmoro, D., & Rosanti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Geografi Dan Pariwisata, 2(2), 53–61.
Rusmianto, O. A., Baihaqi, M. I., & Minto, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lemari Pintar Tema Lingkungan Sahabat Kita Untuk Siswa Kelas V SD/MI. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 7815–7822.
Sari, E. S., & Dewi, T. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learningtipe Learning Together (Lt) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 6(1), 52–57. https://doi.org/10.24127/pro.v6i1.1476
Sari, V. E. R., Astutik, S., & Mahardika, I. K. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Disertai Teknik Concept Mapping Pada Pembelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 209–215. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/23274
Seran, E. Y., & Mardawani. (2021). Konsep Dasar IPS (1st ed.). Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.
Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D (2nd ed.). Alfabeta,CV.
Syahruddin, & Mutiani. (2020). Strategi Pembelajaran IPS : Konsep dan Aplikasi (1st ed.). Program Studi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Syanas, K. L. N., Mulyani, B., & Saputro, S. (2016). Penerapan Model Learning Together (Lt) Dilengkapi Dengan Kartu Pintar Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Kimia Materi Stoikiometri Siswa Kelas X Mia-1 Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 16–21. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia
Weka, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 33 Seluma. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(3).
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0