Manajemen Pendidikan PAI Kelas Inklusi di SD MUTU (Muhammadiyah Satu) Karanganyar Kabupaten Kebumen

Puji Handoko

Abstract


Dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif perlu adanya manajemen peserta didik yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan dan layanan peserta didik di kelas ataupun di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individu seperti pengembangan kemampuan, minat, kebutuhan sampai peserta didik matang di sekolah. Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 (MUTU) Karanganyar yang baru melaksanakan operasional  Tahun 2012 merupakan salah satu sekolah di kabupaten Kebumen yang menyelenggarakan Pendidikan inklusi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagai mana manajemen Pendidikan PAI pad akelas inklusi di SD MUTU karanganyar kabupaten kebumen. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 1 Karanganyar sudah berjalan sesuai dengan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran  pada Pendidikan Dasar dan Menengah serta Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 Tentang standar proses serta Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi.

 


Keywords


Pendidikan, PAI, Inklusi, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum.2013. Bandung: PT Refika aditama.

Ali Imron. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Dedy Kustawan. (2012). Pendidikan Inklusif & Upaya Implementasinya. Jakarta : Luxima.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pendidikan Luar Biasa. (2004). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

Direktorat Pendidikan Luar Biasa. (2005). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

Dedi Kustawan dan Yani Meimulyani. (2016). Mengenal Pendidikan Khusus & Pendidikan Layan Khusus Serta Implementasinya, Jakarta: Luximia.

Dwi Siswoyo. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNYPress.

Endang Rusyani. (2013). Adaptasi pembelajaran Dalam Setting Kelas Inklusif (makalah untuk Bimbingan Teknis guru PK-PLK).

Hamzah B. Uno dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. (1996) Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Edisi. Kedua, Jakarta: PT Toko Gunung Agung.

Kemendikbud. (2010). Peraturan Pemerintah Republlik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan. Jakarta : Sekretariat Negara.

Kemendikbud. (2012). Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Jakarta : Kemendikbud

Kemendikbud. (2014). Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2914. Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016). Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kemendikbud.

Kemendikbud. (2018). Modul supervise Akademik, Diklat Fungsional calon pengawas Sekolah dan Penguatan pengawas Sekolah. Jakaarata : Kemendikbud.

Malayu S.P. Hasibuan, (2011). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksaras.

Mohammad Takdir Ilahi. (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.

Mudjito, dkk. (2012). Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media Jakarta.

Murniarti & Anastasia. (2016). Pendidikan Inklusif di Tingkat Sekolah Dasar: Konsep, Implementasi, dan Strategi. Jurnal J D P, Volume 9, Nomor 1, April 2016: 9 – 18). (online) https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran. Diunduh 28 Desember 2018.

Prastiyono. (2013). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal DIA jurnal Administrasi Publik (Vol. 11, No. 1, Hal. 117 – 128)

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Suhardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukinah. (2010). Manajemen Strategik Implementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal

Titik dkk. (2013). Peraturan Perundangan Dan Implementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal Masyarakat Indonesi (SP-MI-Vol-39-No-1)./3.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0