Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural: Membentuk Karakter Siswa Menuju Indonesia Emas 2045

Umiati Umiati*, Ivan Septian Sufi

Abstract


Keragaman budaya dan agama di Indonesia dipercaya atau tidak, akan dapat menimbulkan persoalan yang sekarang dihadapi bangsa ini. Korupsi, Kolusi, Nepotisme, premanisme, perseturuan politik dan yang paling marak pada saat ini adalah perundungan di sekolah maupun di luar sekolah. Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural menawarkan satu alternatif melalui penerapan konsep pendidikan pada pemanfaatan keragaman yang ada di masyarakat khususnya yang ada pada siswa. Pendidikan ini termasuk penting diterapkan pada anak sejak dini untuk tumbuh menjadi generasi bertoleransi keberagaman. Jenis pendidikan ini bisa diberi secara langsung oleh sekolah, lewat guru dan diterapkan orang tua di rumah. Kebaruan dalam artikel ini adalah menemukan jalan baru dalam Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural untuk membentuk Karakter siswa menuju Indonesia Emas 2045. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan multikultural dan pembentukan karakter siswa dalam pendidikan di Indonesia. Temuan pada artikel-artikel yang di dapat menjadikan dasar dalam merumuskan jalan baru atau memberikan rekomendasi dalam implementasi pendidikan berbasis multikultural untuk membentuk karakter siswa menuju Indonesia Emas 2045. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian literatur terhadap artikel berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada tahun 2018-2022 yang bersumber dari situs pencarian google scholar, Jurnal Nasional (Garuda) dan Jurnal Manajemen Pendidikan dengan kata kunci “Pendidikan Multikultural”, “Implementasi Pendidikan” dan “Karakter Siswa”. Prosedur analisis data dilakukan berdasarkan pendekatan kualitatif, temuan penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Multikultural memiliki pengaruh positif yang penting terhadap karakter siswa. Siswa akan mengalami peningkatan pemahaman dan penghargaan terhadap perbedaan, baik dalam hal budaya, agama, maupun nilai-nilai sosial. Jalan baru yang dihasilkan adalah Pendidikan multikultural harus diajarkan sejak dini oleh guru melalui pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, menggunakan berbagai strategi dan variasi di dalam maupun di luar kelas serta menciptakan kultur perlakuan yang sama tanpa membeda bedakan di lingkungan sekolah.

Keywords


Pendidikan Multikultural, Karakter Siswa, Implementasi Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Adlina, A., Muti’ah, A., & Syukron, A. (2023). Nilai-Nilai Budaya Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas IX Terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Tahun 2020. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5493-5506.

Amin,Muh. (2018), Pendidikan Multikutural, JURNAL PILAR Volume 09, No1,24-34 https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/download/5020/3342

Nugraha, Dera., Ruswandi, Uus., Erihadiana. (2020) Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN Pancasila dan Kewarganegaraan, 140-149, https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPPKn/article/download/40809/pdf

Manurung, A.S., Maksum, A., Nurhasanah,N.(2022) Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah, Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni dan Pendidikan Dasar 2. 132-139. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/download/2056/1002

Winata, K.A., Fajrussalam, H., Ruswandi, U., Erihadiana, M. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural di Era Revolusi 4.0. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management Vol 1No. 2. https://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem/article/download/9/14

Lutfia, N.A, (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.Falkutas Tariyah dadn Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15937/

Hanifah, Hani. Susanti, S., Adji, AS. (2020). Perilaku dan Karakteristik Peserta Didik berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim : Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan 105-117 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/638

Nantara, Didit (2022) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2251-2260. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3267/2742/6260

Khansa A.M., Utami, I. Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4, Nomor 1, 158-179. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/466

Afifah, N.P.N., Dewi, D.A., Furnamasari, Y.F. (2021). Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Tabusai 7170-7175. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2107/1858

Aulia, Nisa., usanti, A. (2021). Peranan Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Primary Educational Jurnal 25-30. https://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/77

Zamathoriq, Devan (2019). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mandala Education 124-131. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

Savage & Armstrong. 1996. Effective Teaching in Elementary Social Studies. America: Prentice-Hall, Inc.

Setya Raharja (2010).“Mengkreasi pendidikan multikultural di sekolah”. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Sampoerna Academy (2022). “Pendidikan Multikultural”.

https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/pendidikan-multikultural/

Badan Pusat Statistik (2015) “Mengulik data Suku di Indonesia”. https://www.bps.go.id/id/news/2015/11/18/127/mengulik-data-suku-di-indonesia.html.

Munawir Yusuf (2017), Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21 “Pendidikan Karakter Menuju Generasi Emas 2045.” https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11140.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0