Implementasi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di SD Rumah Qur’an Al Ummah Gresik
Abstract
Jurnal ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kompetensi profesional guru di era globalisasi dan digitalisasi. Ada 10 kompetensi profesional guru yang harus ada dalam guru. peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi pengembangan kompeternsi profesional guru di SD Rumah Qur’an Al Ummah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi profesioanl guru yang telah diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar, mengetahui pemahaman guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, mengetahui proses pengimplementasian kompetensi profesional guru pada pembelajaran di sekolah dasar, dan memberikan masukan atau saran kepada sekolah SD Rumah Qur’an Al Ummah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan purposive sampling. Dilakukan dengan cara mewawancarai kepala sekolah sebagai orang yang dipandang paling paham proses kegiatan kependidikan di SD Rumah Qur’an Al Ummah. Hasil dari penelitian ini adalah: Implementasi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di SD Rumqh Qur’an Al Ummah sudah berjalan dengan baik, namun ada yang belum optimal. Saran dari penelitian ini, dikarenakan bimbingan konseling menjadi tugas guru kelas, maka diharapkan guru kelas mendapatkan materi yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling agar apa yang diupayakan bisa maksimal. Agar bisa melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maka guru-guru diberikan waktu untuk melakukan observasi, evaluasi dan juga pelaksanaannya. Agar para guru terlibat aktif dalam penelitian, evaluasi, dan aplikasi proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 122–130.
Harahap, A. (2020). Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Pada Man Hutagodang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jurnal Eduscience, 7(1), 22–27.
Indriyani, A., Saefulloh, M., & Riono, S. B. (2020). Pengaruh diklat kependidikan dan kesejahteraan guru terhadap kualitas guru di sekolah dasar negeri di kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 2(7).
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10–15.
Lallo, N. R. P. (2023). Kompetensi Profesional Guru Pada Aspek Penguasaan Tik Di Sma Negeri 11 Luwu Timur Sorowako Kabupaten Luwu Timur.
Listanti, Y. N. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Pendidik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166–177.
Nurah, S. (2022). Manajemen Pengelolaan Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Shohwatul Ummah Putri Kab. Pinrang Dalam Meningkatkan Dakwah Santri. IAIN Parepare.
Rahman, B. (2014). Refleksi Diri dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Refleksi Diri Dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, 17(1), 1–14.
Rambitan, B. F., Sumarauw, J. S. B., & Jan, A. H. (2018). Analisis Penerapan Manajemen Persediaan Pada CV. Indospice Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65–73.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Zahran, Z. F. (2021). Implementasi: Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. Daring. Tersedia Di Https://Www. Gramedia. Com/Literasi/Implementasi.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.29092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0