Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Barat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, P. (2018). Karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2).
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123.
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Ashlan, S., & Marsithah, I. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI POWERPOINT DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS 2 MIT TANZIL KOTA BANDA ACEH. JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE, 8(1), 83–88.
Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917
Amika, A. W. N., & Riorini, S. V. (2023). Pengaruh Transparansi Green Attributes Terhadap Perilaku Kewarganegaraan Hijau. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2268–2281. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25699
Bass, B. M., & Bass Bernard, M. (1985). Leadership and performance beyond expectations.
Bateman, T., & Snell, S. (2019). Management: Leading & Collaborating in Competitive World, 13e.
Darma, M., Jasrial, J., Anisah, A., & Sulastri, S. (2022). Persepsi Guru Tentang Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di SMK Negeri Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(3), 286–290.
Gumilar, G. G., & Munzir, T. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Global Indo-Asia Batam. Jurnal Dimensi, 7(2), 255–266.
Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Akmal, Y. (2019). Analisis jalur dan aplikasi SPSS versi 25.
Hanny, C., & Adiputra, I. G. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Multikarya Saranaperkasa Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(1), 215–221.
Hofstede, G. (2010). Geert hofstede. National Cultural Dimensions, 2–7.
Kinanti, D. A., & Trihantoyo, S. (n.d.). Urgensi Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu.
Manaf, A., & Omar, C. M. Z. C. (2018). Nilai budaya sekolah dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan di smk bekasi. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 101–116.
Meutia, K. I., & Husada, C. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol. 4.
Muhali, M. (2018). Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Mulyasa, E. (2018). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi.
Monikasari, M., & Fitriyanti, F. (2023). The Existence of The Malay House ‘Limas Potong’In the Midst of Modernization Currents in the City of Batam 1970-2022. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2). https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31445
Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN
Niswah, W. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kabupaten Demak. JPAI: Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 2(1), 43–57.
Purnomo, D. (2021). Keterampilan Guru Dalam Berprofesi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Purwanto, A., Asbari, M., Prameswari, M., & Ramdan, M. (2020). Gaya Kepemimpinan Di Madrasah Aliyah: Authentic, Tansformational, Authoritarian Atau Transactional? Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 15–31.
Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 213–223.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior (Global). United States: Pearson.
Rumawatine, Z. (2023). The Effect Of Personal Learning Models On Self-Confidence And Learning Outcomes To Play Soccer In Extracurricular Men’s Soccer. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 864–873.
Sari, E. L. I. P. (2023). Revitalizing Strawberry Leaves: Developing a Tipburn and Leaf Spot Disease Detection System Through Convolution Analysis Using CNN Method. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1468–1474. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25210
Sihotang, H. (2020). Kepemimpinan Transformasional dan Pemberdayaan Guru dalam Tranformasi Pendidikan 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 204–215.
Sobirin. (2018). Kepala Sekolah, Guru dan Pembelajaran. Nuansa.
Sofiarini, A., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebijakan dan Kepemimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 724–732.
Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Supardi. (2019). Kinerja Guru,. Ar-Ruzz Media.
Suratman, S. (2022). Kepemimpinan Transformasional dalam Menumbuhkan Motivasi Inspirasi pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Susanti, A. H. (2020). Lidia.“. Metodologi Penelitian Kuantitatif.” MALANG: Literasi Nusantara.
Syahrin, A., & bin As, A. (2021). Pengaruh penggunaan audiovisual dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara bahasa inggris di SMA Negeri 3 Takengon. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 21–31.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0