Pelayanan Supervisi Klinis Mempengaruhi Peningkatan Profesional Guru Di SMPN Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat Daya

Miswar Miswar

Abstract


Pemberian  pelayanan supervisi klinis pada guru-guru dapat meningkatkan professional mengajar.   Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan penggunaan teori-teori baru tentang  supervisi klinis dalam meningkatkan profesional mengajar guru dalam menerapkan strategi pembelajaran. Subjek penelitian adalah Guru-guru binaan  SMPN dalam lingkup  Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat  Daya  berjumlah 20 orang guru dengan kemampuan  disiplin ilmu yang bervariasi sesuai dengan jurusan yang di emban.  Prosedur penelitian dilakukan dua siklus dengan persiapan perencanaan melakukan tindakan, pengamatan dan renungan.  

Keywords


Supervisi Klinis dan Pengajaran Profesional

Full Text:

PDF

References


Babuta, Asma Is, and Abdul Rahmat(2019):. "Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok." Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3.1 1-28.

Babuta, Asma Is, and Abdul Rahmat(2019):. "Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok." Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3.1 1-28.

Dini, (2021): JPAU "Manajemen pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar menyenangkan di masa new normal." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.2 (2021): 1566-1576.

Hartoyo, R., & Sulistyowati, S. (2023). The Role Of The Legal Aid Post Is In Providing Legal Assistance To Disadvantaged People In Order To Obtain Justice In The Courts Of The Holy Land. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1599–1611. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25236

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25117

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Muhktar (2009) Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Nurrachmah, S. (2023). How does lecturer communication style influences students well being? JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1515–1521. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25278

Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2022). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Increasing Historical Learning Outcomes. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 374–380. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.28808

Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275.

Purwanto (2009) Administrasi dan Supervisi Pendidikan: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto (2010) Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Renika Cipta.

Sahertian (2008) Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Penerbit Renika Cipta.

Syaiful. (2011), Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Trianto, (2010) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Tanama, Yulia Jayanti, dkk . (2016): "Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1.11 2231-2235.

Uno (2010) Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta, Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0