Penerapan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pertanian Padi Pada Remaja Desa Pilangsari

Hintang Susilo*, Roemintoyo Roemintoyo, Sarwanto Sarwanto

Abstract


Motivasi memegang peranan yang penting karena motivasi yang dimiliki manusia akan menentukan hasil yang dicapai dari kegiatan pembelajaran dan Motivasi untuk belajar merupakan kondisi psikis yang dapat mendorong seseorang untuk belajar. Dalam pembelajaran membutuhkan media pembelajaran sebagai alat pembantu proses pembelajaran. Dalam hal ini penggunaan media ular tangga dapat berdampak positif terhadap motivasi belajar pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pertanian padi pada remaja desa pilangsari dengan menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga dalam pembelajaran pertanian padi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre eksperimen dengan desain pre tes post tes, dan subjek penelitian ini adalah remaja desa pilangsari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar pertanian padi pada remaja. Hal ini terbukti dari hasil kuesioner posttest yang menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan kuesioner pretest yang telah diberikan sebelumnya. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media ular tangga efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pertanian padi pada remaja Desa Pilangsari.

Keywords


Snakes and Ladders Media, Learning Motivation, Rice Farming

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0