Implementasi pembelajaran agama islam Berwawasan Multikultural dan Berwawasan kebangsaan di pesantren Balikpapan

Hendra Mulyanto*, Fathul Jannah, Agus Setiawan

Abstract


Tujuan Penelitian ini pesantren yaitu: 1). Mengetahui Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Multikultural di Pesantren Balikpapan. 2). Mengetahui Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Kebangsaan di Pesantren Balikpapan. 3). Mengetahui Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Multikultural di Pesantren Balikpapan. 4). Mengetahui Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Kebangsaan di Pesantren Balikpapan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. bahwa data-data yang dikumpulkan berasal dari lapangan,  berupa hasil observasi di tiga pondok pesantren di Balikpapan yaitu Pesantren Syaichona Cholil, Pesantren Al-Muttaqin, dan Pesantren Nurul Khaerat Almuhibbin, wawancara dengan Pengurus Pondok Pesantren, Pendidik serta Santri dan dokumentasi dengan diperoleh dari literatur terkait pembelajaran agama Islam, pendidikan multikultural, dan kebangsaan, Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Multikultural di Pesantren Balikpapan mencakup a.) Nilai penghargaan terhadap perbedaan budaya. b). Nilai penghargaan terhadap keyakinan atau agama c). Nilai penghargaan terhadap serta latar belakang peserta didik. 2). Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Kebangsaan di Pesantren Balikpapan mencakup, a). Nilai-nilai cinta tanah air, b). Nilai-nilai cinta persatuan, c). Nilai-nilai cinta kebangsaan. 3). Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Multikultural di Pesantren Balikpapan mencakup, a). Implementasi nilai-nilai penghargaan terhadap perbedaan budaya, b) Implementasi nilai-nilai penghargaan terhadap perbedaan agama. 4). Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Kebangsaan di Pesantren Balikpapan mencakup, a). Implementasi cinta tanah air, b). Implementasi cinta persatuan, c).Implementasi cinta kebangsaan.

Keywords


pembelajaran agama islam, Multikultural, kebangsaan

Full Text:

PDF

References


Afandi, N. K. (2018). Belajar dari Kerukunan Antar Umat Beragama di Kalimantan Timur dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 143–165.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Arfan, M. (2022). Islam Dan Pendidikan Pluralisme: Menampilkan Wajah Islam Toleran Melalui Kurikulum PAI Berbasis Kemajemukan. Fikroh, 6(2), 100–127.

Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–16.

Handoko, S. B., Sumarna, C., & Rozak, A. (2022). Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11260–11274.

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81–102.

Mahmudah, H. (2017). Transmisi Ideologi Fundamentalisme Dalam Pendidikan. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 1(2), 200–216.

Rahim, A., & Setiawan, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Pai Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Sikap Keberagaman Pada Masyarakat Perbatasan (Studi Multi Situs Pada SMP, MTS, SMA dan MA di Muara Komam). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(01).

Wardati, L., Margolang, D., & Sitorus, S. (2023). Pembelajaran Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama: Analisis Kebijakan, Implementasi dan Hambatan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 175–187.

Yasin, I., Ningrum, R. W., & Sarifa, S. (2023). PANDANGAN MAHASISWA STKIP YAPIS DOMPU TERHADAP NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 14(1), 96–105.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0