Analisis Kemampuan Berfikir Historis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS 2 SMA IT Al-Fityan Kubu Raya

Rini Puspita Sari*, Rustiyarso Rustiyarso, Edwin Mirzachaerulsyah, Andang Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan berfikir historis pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA IT Al-Fitiyan Kubu Raya. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. sumber data terdiri dari enam orang informan yang terbagi atas satu guru sejarah dan lima peserta didik kelas XI IPS 2. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi langsung dengan panduan observasi, teknik momunikasi langsung dengan panduan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Kemampuan berfikir historis peserta didik kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran sejarah di SMA IT Al-Fitiyan Kubu raya sangat kurang karna peserta didik kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. (2) Pemahaman peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA IT Al-Fitiyan Kubu RayaPeserta didik belum mampu untuk manganalisa suatu kejadian yang terjadi pada materi yang di sampaikan, peserta didik juga tidak memiliki wawasan yang luas terhadap materi yang di sampaikan oleh guru mata pelajaran. (3) Kemampuan peserta didik dalam menganalisa materi pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA IT Al-Fitiyan Kubu Raya sangat kurang menurut guru mata pelajaran sejarah peserta didik cenderung hanya menerima materi yang diberikan oleh guru mata pelajaran sejarah tanpa mencari tau lagi mengenai materi yang di berikan.

Keywords


Analisis, Berfikir Historis, Pembelajaran Sejarah,

Full Text:

PDF PDF

References


Agung, L. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Moloeng, L, J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama.

Syahruddin, S. (2020). Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah. Undang-undang Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Zed, Mestika. (1999). Metodologi Sejarah.Dalam Jurnal Historika Vol. 23 No. 1 April 2020




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0