Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas X Akuntansi A SMK Negeri 7 Pontianak

Putri Pratama Lestari*, Rustiyarso Rustiyarso, Andang Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Akuntansi A SMK Negeri 7 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 1 orang guru sejarah, 10 orang siswa kelas X Akuntansi A, serta 1 orang guru tim kurikulum merdeka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X Akuntansi A SMK Negeri 7 Pontianak sudah dilaksanakan, namun belum sempurna dan maksimal. Guru sejarah sudah menggunakan perencanaan pembelajaran sejarah berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang disediakan oleh pemerintah akan tetapi di modifikasi menyesuaikan kondisi peserta didik. Guru sejarah juga sudah membuat Modul Ajar tetapi tidak membuat setiap pertemuan. Guru sudah melaksanakan pembelajaran sejarah walaupun belum sesuai dengan Modul Ajar yang dibuat. Guru juga sudah menerapkan Asesmen formatif akan tetapi belum menerapkan asesmen sumatif. Adapun hambatan dalam penelitian ini yaitu guru belum bisa menyusun modul ajar secara mandiri, sumber belajar sejarah yang digunakan masih minim, serta sarana dan prasaran yang belum menunjang pembelajaran sejarah.

Keywords


Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Sejarah, Siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 123. Https://Repositori.Kemdikbud.Go.Id/20029/1/Buku Merdeka Belajar 2020.Pdf

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga : Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 105–120.

Ayundasari, L. (2021). Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajaran: Sejarah Dan Budaya, 16(1), 225–234. Https://Doi.Org/10.17977/Um020v13i22019p

Hazimah, G. F., Cahyani, S. A., Azizah, S. N., & Prihantini, P. (2022). Pengelolaan Kurikulum Dan Sarana Prasarana Sebagai Penunjang Keberhasilan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 121–129. Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V9i2.44591

Jonassen, D. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Supriadi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Lantanida Journal, 3(2).

Kawuryan, Sekar Purbasari. (2020). Mendekatkan Siswa Dengan Kearifan Lokal Melalui Ips Di Sekolah Dasar. Uny Repository.

Kemdikbud. (2020). Asesmen Formatif Dan Sumatif. Www.Guru.Kemdikbud.Go.Id.

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Fase E-Fase F. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan. Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. Https://Doi.Org/10.34007/Ppd.V1i1.174

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. Https://Doi.Org/10.36526/Js.V3i2.E-ISSN

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Muzamiroh, M. L. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. KATA PENA.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur Wahyudin Nur Nasution. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 1(2), 185–195.

Phil, S. M. (2021). Pembelajaran Dan Asesmen Kompetensi. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan 2021, 0–45.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94.

Qomariyah, N., Maghfiroh, M., Islam, A., & Iain, N. (2022). Gunung Djati Conference Series , Volume 10 ( 2022 ) ISLAMIC RELIGION EDUCATION CONFERENCE I-RECON 2022 Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka : Peran Dan Tantangan Dalam Lembaga Pendidikan. 10, 105–115.

Rahmawati, F. D., Sutiyah, & Abidin, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum Merdeka Kelas X Di SMA Penggerak Surakarta. 22(1), 1–15.

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V10i1.8264

Rostika, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 55–64. Http://Jm.Ejournal.Id/Index.Php/Mendidik/Article/View/32

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (18th Ed.). Alfabeta.

Uno, H. B. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 1–11.

Uno Hamzah. (2018). Pengembangan Kurikulum Dan Rekayasa Pedagogik Dalam Pembelajaran (1st Ed.). Raja Grafindo Persada.

Yasin, K. (2018). Kontribusi Metode Diskusi Dalam Mewujudkan Kompetensi Berfikir Kreatif Siswa Ma Al-Hamidiyah Sen-Asen Konang Bangkalan. Al-Fikrah, 1(2), 87–105.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0