Analisis Kemampuan Hots Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Bermuatan Ips Kelas V Semester 1 Di SD Muhammadiyah Purwodadi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan High Order Thingking Skill (HOTS) peserta didik yang ditinjau dari gaya belajar dalam mengerjakan soal PAS pada mata pelajaran IPS kelas V semester 1 di SD Muhammadiyah Purwodadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Purwodadi tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 6 peserta didik berdasarkan kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu validasi wawancara kemampuan HOTS peserta didik, dan angket gaya belajar peserta didik. analisis data yaitu: data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah: Tingkatan kemampuan HOTS peserta didik ada 3 yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Peserta didik memiliki kemampuan HOTS yang berbeda-beda, dengan 5 peserta didik sudah memenuhi indikator dengan kemampuan tinggi dan sedang, serta satu peserta didik yang belum memenuhi indikator HOTS yaitu dengan kemampuan rendah. Peserta didik yang belum memenuhi indikator HOTS yaitu dengan kategori kemampuan rendah. Peserta didik memiliki gaya belajar kombinasi yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengetahui gaya belajar dan kemampuan high order thingking skill peserta didik sehingga pendidik dapat memahami gaya belajar peserta didik dalam memberikan pembelajaran yang interaktif serta bervariasi untuk mengembangkan kemampuan high order thingking skill tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. Https://Doi.Org/10.25134/Quagga.V12i2.2831
Ali Sofyan, F., Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, F., Raden Fatah Palembang, U., & Kunci, K. (N.D.). Pelatihan Pembelajaran HOTS Di MI Se-Kota Palembang. 12, 2022. Http://Ojs.Unm.Ac.Id/Index.Php/
Amran, M., Taris, Mu, & Syahrir Amin, M. (N.D.). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd Dalam Mengerjakan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Jppsd/Index
Aryani, I., Maulida, D., Pengajar, S., Keguruan, F., Ilmu, D., & Adalah, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Melalui Higher Order Thinking Skill (Hots). Jurnal Serambi Ilmu, 20(2).
Azam, I. F., & Rokhimawan, M. A. (2020). Analisis Materi Ipa Kelas Iv Tema Indahnya Kebersamaan Dengan Hots. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(1), 100. Https://Doi.Org/10.22373/Jid.V21i1.5970
Cahyani, C., Angkotasan, N., & Afandi, A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Pada Pokok Bahasan Induksi Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 103. Https://Doi.Org/10.33387/Dpi.V11i1.4389
Datoh, M., Handono, S., Prastowo, B., & Supriadi, B. (2019). "Integrasi Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah Di Era Revolusi Industri 4.0 " Identifikasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Pada Konsep Fisika Materi Suhu Dan Kalor Dengan Menggunakan Taksonomi Bloom (Vol. 4, Issue 1).
Desilva, D., Sakti, I., & Medriati, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 41–50. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.3.1.41-50
Deviana, T., & Kusumaningtyas, D. I. (2019). Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS (Higher Of Order Thinking Skills) Pada Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 05 Batu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 64–74. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V3i2.141
Dinda Amalia, & Windia Hadi. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. Https://Doi.Org/10.36526/Tr.V4i1.904
Dinni, H. N. (N.D.). HOTS (High Order Thinking Skills) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V3i2.2197
Eka Suci, I., Rudi Purnomo, A., Ipa, J., Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., Negeri Surabaya, U., Kunci, K., Ajar, Buku, Materi, Muatan, & Soal, Muatan. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Analisis Muatan Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Buku Ipa Kelas Viii Smp Bab Struktur Dan Fungsi Tumbuhan. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Pensa
Fajrilia, A., Handoyo, B., Utomo, D. H., & Geografi, P. (N.D.). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/
Fani, K. Dkk. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Pelajaran Ipa Kelas V Min 25 Aceh Utara. Journal Of Primary Education, 2(2), 66–75.
Fitrianti, E., & Husna, L. (2021). Mengembangkan Higher Order Thinking Skills (Hots) Mahasiswa Dalam Pembelajaran Sastra Berbantuan Media Sosial. 1(1), 2774–5120. Https://Doi.Org/10.31933/Eej.V1i1.183
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Rosyid, A., Suwandi, T., Ali, A., & Hermawati, F. M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran ILMIZI Dan Peningkatan HOTS Siswa SD Berdasarkan Gender Pada Pembelajaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 4(1), 2020. Https://Doi.Org/10.31331/Jipva.V4i1.1076
Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, K., & Susilowati, Y. (2020). Vol 5 No 2 Bulan Desember 2020 Jurnal Silogisme INTERSEKSI BERPIKIR KRITIS DENGAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Http://Journal.Umpo.Ac.Id/Index.Php/Silogisme
Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (N.D.). Karakteristik HOTS (High Order Thinking Skills) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Http://Journal.Rekarta.Co.Id/Index.Php/Jrip/
Mahya, A., Pendidikan Guru, F., Dasar, S., Pgri, U., & Surabaya, A. B. (N.D.). Implementasi Pembelajaran Berbasis Hots Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.21009/Jpd.0102.05
Mar’atul Uswah, E., & Wardani, K. (N.D.). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Evaluasi Tematik Bermuatan Ips Siswa Kelas V Sdn Badran Yogyakarta. Https://Edukasi.Kompas.Com/Read/2018/11/12/21323
Masduriah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL Terhadap Keterampilan HOTS Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(1), 277–285. Http://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/KID
Matematika, J. P., Matematika, D., Hasyim, M., & Andreina, K. (N.D.). 55 Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika.
Materi, T. K., Berpikir, K., Tinggi, T., Belajar, K., Nurul, S., & Nisak, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi Untuk Siswa SMA Ditinjau Dari. In Nisak. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi Edubiologia (Vol. 1, Issue 2).
Mubin, M., Wijayanti, A., Ardiyanto, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (N.D.). Analisis Hots Pada Instrumen Evaluasi Siswa Kelas V Sd N 3 Krasak Pecangaan Jepara.
Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.
Novianti, L., & Waliadin, W. (2023). Online Prostitution in the Perspective of Law of the Republic of Indonesia Number 44 Of 2008 On Pornography. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(1), 262–269. https://doi.org/10.24815/jr.v6i1.31457
Nurasiah, N., Amalina, S. N., & Azis, A. (2021). Pengaruh pembelajaran outdoor learning dengan strategi daring terhadap prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah USK Aceh. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 659–667. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.669
Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347
Nauvalika Permana, N., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (N.D.). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots). In Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM SUKA).
Nursari, E. V., Setiawati, I., & Lismaya, L. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Di Masa Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 78–97. Https://Doi.Org/10.35719/Alveoli.V2i2.52
Octaviana, P., & Setyaningsih, N. (2022). Kompetensi Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Persoalan Hots Berdasarkan Gaya Belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1436. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i2.4928
Partington, W. A., Fathani, A. H., & Walida, S. El. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Tipe Hots (Higher Order Thinking Skill) Ditinjau Dari Gaya Belajar (Vol. 16, Issue 1).
Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2022). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Increasing Historical Learning Outcomes. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 374–380. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.28808
Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275.
Pendidikan, J., & Konseling, D. (N.D.). Learning In Primary Education (Vol. 4).
Pendidikan, J., Perkantoran, A., Kompetensi, P., Menerapkan, D., Penyimpanan, S., Abjad, A. S., Subjek, D., Jurusan, D., Smkn, O., Fatimah, B. S., & Pahlevi, T. (N.D.). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpap
Pendidikan, K., Kebudayaan, D., Penelitian, B., Pengembangan, D., Penelitian, P., & Pendidikan, K. (2018). Evaluasi Pembinaan Guru Melalui Program Guru Pembelajar Guna Menuju Tingkat Keterampilan Berpikir Tinggi (Hots).
Pendidikan Sejarah, J. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal Hots (Higher Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-Ips Sman 2 Sidoarjo Emi Faridah. In Journal Pendidikan Sejarah (Vol. 7, Issue 3). Http://Www.Ubaya.Ac.Id/2014/Content/Articles_Detail/230/Overview-Of-
Rastic Andrari, F., & Dewi Qadarsih, N. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Calon Guru Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Sap (Susunan Artikel Pendidikan, 4(3).
Silalahi, N., & Hendriawan, D. (2022). Analisis Kemampuan Numerik Siswa Kelas V Dalam Mengerjakan Soal Tipe Higher Order Of Thinking Skill: Vol. V (Issue 1).
Trisnani, N. (2020). Tingkat Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 131. Https://Doi.Org/10.29240/Jpd.V4i2.1921
Warata, F. U., Wahyudi, E., & Kii, W. Y. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tana Righu Tahun Ajaran 2020. … Matematika, 1(2), 75–82. Https://Ejournal.Unmuhkupang.Ac.Id/Index.Php/Mega/Article/View/258
Agustina Silitonga, E., & Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. In Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 1). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Pensa
Divinanto, K., & Yudono, A. (2021). Preferensi Modalitas Belajar Vark Siswa Sekolah Dasar Kelas Iii Preferences Of Vark Learning Modalities Grade Iii Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(01), 26–32.
Dwi Resza, F., Azmy, B., & Yustitia, V. (N.D.). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Dengan Gaya Belajar Visual Di Sdn Keboananom.
Krisna, N. P., Jurusan, M., Ekonomi, P., & Ekonomi, F. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. In Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha (Vol. 11, Issue 1).
Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi Selama Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1301
Nafiati, D. A. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i2.29252
Pendidikan, J., Perkantoran, A., Kompetensi, P., Menerapkan, D., Penyimpanan, S., Abjad, A. S., Subjek, D., Jurusan, D., Smkn, O., Fatimah, B. S., & Pahlevi, T. (N.D.). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills). Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpap
Pendidikan, K., Kebudayaan, D., Jenderal, D., Dasar, P., Menengah, D., & Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar Seri Manual Gls.
Pendidikan, K., Kebudayaan, D., Penelitian, B., Pengembangan, D., Penelitian, P., & Pendidikan, K. (2018). Evaluasi Pembinaan Guru Melalui Program Guru Pembelajar Guna Menuju Tingkat Keterampilan Berpikir Tinggi (Hots).
Pramita, N. (N.D.). Hubungan Gaya Belajar Visual Dengan Number Sense Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Bukittinggi.
Puspaningtyas, N. D. (N.D.). Proses Berpikir Lateral Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar.
Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (N.D.). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Indonesia, Februari, 2020(2), 157–163. Http://Cerdika.Publikasiindonesia.Id/Index.Php/Cerdika/Index-157-
Radiusman, R., & Simanjuntak, M. (2020). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Belajar [The Problem Solving Of Mathematical Pattern Generalization By Prospective Elementary School Teachers Based On Learning Styles]. Johme: Journal Of Holistic Mathematics Education, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.19166/Johme.V4i1.2654
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknlologi Sesuai Dengan Karakteristik Gaya Belajar (Vol. 4, Issue 2).
Rastic Andrari, F., & Dewi Qadarsih, N. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Calon Guru Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Sap (Susunan Artikel Pendidikan, 4(3).
Rivalina, R. (2020). Pendekatan Neurosains Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Guru Pendidikan Dasar. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 83. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V8n1.P83--109
Rosidi, A., Jufri, A. W., Handayani, B. S., & Idrus, A. Al. (2021). Sikap Dan Gaya Belajar Biologi Siswa Sman 1 Batulayar Semasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 412–416. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V6i3.237
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V7i2.34290
Setiyadi, D. (N.D.). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari… Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Jispe: Journal Of Islamic Primary Education (Vol. 1).
Siti Sundari, F., & Handayani, C. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa Disleksia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 03, 69–74. Http://Journal.Unpak.Ac.Id/Index.Php/Jppguseda
Wibowo, A., Rahman, A., Yus, A., & Simaremare, A. (2022). Analisis Efektifitas Media Pembelajaran Pkn Terhadap Gaya Belajar Kelas Iii Sd. In Journal Of Educational Analytics (Jeda) (Vol. 1, Issue 1). Https://Journal.Formosapublisher.Org/Index.Php/Jeda
Helmawati. 2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (High Order Thingking Skill).Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung:Alfabetta.
Hardani., Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E.F., Istiqomah, R.R., Fardani, R.A., Sukmana, D.J., Auliya, N.H.2020.Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.27243
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.usk.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0