Strategi Pembiayaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Layanan Pendidikan di SMA Negeri

Bambang Supriyanto*, Siti Partini Suardiman, Achadi Budi Santosa

Abstract


Sarana dan prasarana pendidikan adalah bagian penting dalam sebuah layanan pendidikan. Seperti termaktub dalam Bab VII Pasal 42 Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang menyangkut Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan secara nasional dengan sangat jelas disebutkan bahwa sarana pendidikan yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang baik dan berkelanjutan wajib dimiliki oleh sekolah. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan waktu penelitian dimulai dengan pengambilan data dari tahun 2012 sampai tahun 2022. Hal ini dilakukan di SMA Negeri 13 Samarinda. Setiap komponen pemangku kepentingan pendidikan, sekolah, orang tua, masyarakat/komite sekolah, dunia kerja, pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam peranan dan kepentingannya masing-masing memiliki kepentingan terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Dengan aplikasi e Krisna merupakan pintu masuk pengajuan bantuan pembiayaan sarana dan prasarana sekolah. Aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (Krisna). Krisna saat ini sudah berkembang cukup jauh, lebih holistik, dan lebih integrative dalam menjangkau perencanaan dan pengganggaran baik di pusat maupun di daerah.

Keywords


Strategi Kepala Sekolah, Pembiayaan, Sarana dan Prasarana Sekolah, Layanan Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917

Amrullah, A. K. (2023). Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan pada Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 5 Brebes. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(4), 319–336.

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109

Astuti, E. P. (2018). MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU SDM (Studi Kasus di MAN 3 Madiun) TESIS.

Buku, K., Santosa, A. B., Sukirman, S., & Hasanah, E. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP di Kabupaten Nagekeo. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 530–540. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1268

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 118.

Herpikus. (2012). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SANGGAU. Jurnal-PublikA, 1(1), 1–7.

Hidayati, N., Sudarmanto, R. G., & Suntoro, I. (2013). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 DONO ARUM KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Oleh: 1, 22–29.

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/ 10.24815/jimps.v8i3.25117

Kaslam, K., Suriani, S., & Setiawan, L. (2022). Implementasi Standar Pelayanan Minimal Guna Meningkatkan Efektivitas Kualitas Pendidikan Pada SMP Negeri Di Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 156–163. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1486

Kesuma, D. P. I. (2018). STRATEGI PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SARANA PRASARANA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) KARYA PEMBANGUNAN (KP) PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA KALIMANTAN TENGAH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 123–130.

Kurniady, D. A. (2011). PENGELOLAAN PEMBIAYAAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 34–51.

Kusuma, N. A. (2014). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS WIRAUSAHA (Studi Kasus di SMP dan SMA Nurul Hikmah Pamekasan Madura) T. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG (Vol. 8, Issue 33).

Lailasari, I. (2022). Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Ibnu Khaldun Panambangan dengan menggunakan Blue Ocean Strategy. Jurnal Impresi Indonesia, 1(1), 7–17. https://doi.org/10.36418/jii.v1i1.3

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Musdalifah, M. (2022). PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 135–146.

Nasharawati, U. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana, Kemampuan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Masa Di Mts Negeri 2 Enrekang. Journal of Economics and Business UBS, 12(2), 970–988.

Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2022). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Increasing Historical Learning Outcomes. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 374–380. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.28808

Saway, M. H. M., & Hidayat, A. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN BANDUNG. Manazhim : Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 130–141.

Setiawati, E. (2017). Studi analisis kebijakan implementasi Standar Pelayanan Minimal (SP.M) Pendidikan Dasar. Jurnal Riset Daerah (Kabupaten Bantul), XVI(3), 2859–2868.

Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap HasiL Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752.

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645

Subki, Syafari, A., & Arenawati. (2022). Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Minimal (Spm) Pendidikan Menengah Di Provinsi Banten. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 06(01), 46–63.

Suwandi, E. A., & Fitri, A. Z. (2023). Strategic Management Based on Cadet Education at SMAN 5 Taruna Brawijaya. Journal of World Science, 2(1), 12–19.

Syafii, A., Bahar, B., Shobicah, S., & Muharam, A. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.27126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0