Pengaruh Lamanya Perendaman Terhadap Absorpsi, Ketahanan Aus, dan Kuat Tekan Paving Block

Bina Arumbinang Wajdi*, Rachmat Mudiyono, Soedarsono Soedarsono

Abstract


Paving block memiliki kelebihan dibanding perkerasan jalan lainnya, namun pada kenyataannya kondisi lapangan tidak selalu kering, dan sering terjadi pemasangan perkerasan paving block tanpa menghiraukan umur rencananya. Hal tersebut bisa saja mempengaruhi kualitas dari paving block. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama perendaman dan umur paving block yang ditinjau dari besar absorpsi, ketahanan aus, dan kuat tekan. Paving block yang digunakan adalah model batu bata (holland) manual yang didapat dari Banyubiru dan mekanis yang didapat dari Semarang. Variasi lama perendamannya adalah 0, 12, 24, 36, 48 (jam), dengan umur paving block 7, 14, 21, 28 (hari) dan hasil analisa data menggunakan uji T. Hasil pengujian absorpsi paving block manual maupun mekanis menunjukkan bahwa semakin lama perendaman semakin meningkat nilai absorbsinya. Hasil ketahanan aus paving block manual maupun mekanis menunjukkan bahwa benda uji tanpa perlakuan memiliki nilai aus yang lebih kecil dan semua hasil uji memenuhi syarat SNI 03-0361-1996 mutu A. Kuat tekan maksimal paving block manual terjadi pada umur 28 hari tanpa perlakuan sebesar 13,334 MPa. Kuat tekan paving block mekanis maksimal adalah 25,297 MPa terjadi pada paving tanpa perendaman.


Keywords


Paving Block, perendaman, kualitas

Full Text:

PDF

References


Anistya, B., F. (2018). Analisis Pengaruh Kelembaban Benda Uji Terhadap Kuat Tekan dan Kuat Tarik Belah Beton Mutu Tinggi Dengan Metode Destructive dan Non Destructive Tests (Compression Testing Machine dan Hammer Test) Tugas Akhir. Mataram: Universitas Mataram.

Anonim. (2019). Baru Saja Selesai Dibangun, Paving Kawasan Kota Lama Rusak. MediaJateng.net. (Online), (https://mediajateng.net/baru-saja-selesai-dibangun-paving-kawasan-kota-lama-rusak/), diakses 8 Agustus 2022

Bata Beton (Paving Block). (1996). SNI 03:0691. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. (1971). Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971 (PBI 1971). Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan, Bandung.

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Jumadi, J. (2023). Revitalisasi Nilai Budaya Suku Cerekang Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 815–821. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24919.

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816.

Nurasiah, N., Amalina, S. N., & Azis, A. (2021). Pengaruh pembelajaran outdoor learning dengan strategi daring terhadap prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah USK Aceh. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 659–667. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.669.

Nuryadi, Astuti, T.D., Utami, E.S., Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian Yogyakarta: Sibuku Media

Rizal, A., & Susilahati, S. (2023). Implementation of the Jakarta Elderly Card Program in Meeting the Basic Needs of the Elderly. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 596–605. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31545




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.27082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0