Analisis Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Penjualan Kargo Di Garuda Indonesia Bandara Internasional Minangkabau (BIM)

Oshelby Reswadi, Dodi Permadi, Erna Mulyati

Abstract


Garuda Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri jasa angkutan kargo udara, produk yang di hasilkan berupa penawaran ruang/muatan untuk kiriman barang melalui pesawat udara. Penetapan harga jual harus ditetapkan secara tepat dan menetapkan strategi-strategi penetapan harga yang digunakan, supaya pelanggan dapat tertarik untuk menggunakan jasa. Garuda Indonesia telah menawarkan harga yang relatif rendah dari jasa pengiriman lain namun kenyataannya tetap mengalami penurunan penjualan kargo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap penjualan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh penurunan penjualan dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda menggunakan SPSS, dengan variabel independen yaitu Penetapan Harga (X1), Promosi (X2), sedangkan variabel dependen yaitu Penjualan (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan menggunakan regresi linier berganda pada uji t, diperoleh nilai koefisien regresi untuk masing-masing variabel bebas adalah 3,069 untuk penetapan harga (X1) dan 2,311 untuk promosi (X2). Nilai signifikan f hitung 13,494 lebih besar dari f tabel 3,32 dan tingkat signifikansi < 0,05 yang berarti keseluruhan variabel penetapan harga dan promosi memiliki pengaruh terhadap variabel terikat. Sehingga disimpulkan bahwa antara Penetapan Harga (X1) dan Promosi (X2) memiliki pengaruh terhadap Penjualan (Y).

Keywords


Penetapan Harga, Promosi, Penjualan

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96-104.

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109

Azis, A., Nurasiah, N., Zulfan, Z., Kusnafizal, T., Fahmi, R., & Abdar, Y. (2023). Analysis of Aceh’s Economic Recovery After the Tsunami Disaster and Prolonged Conflict Year, 2005. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(1), 249–261. https://doi.org/10.24815/jr.v6i1.31455

Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 33-46.

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The influence of quality products, price, promotion, and location to product purchase decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4), 357-374.

Cahyono, Y., Suryani, P., & Elvandari, N. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di PT. Vista Bangun Propertindo. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 103-126.

Darmawan, A. A. (2020). Pengaruh Harga Jual Dan Promosi Terhadap Penjualan Jasa Pengerukan Pada PT. Pengerukan Indonesia. Mpu Procuratio, 2(2 Desember), 385-392.

Dedeh, D., & Hasibuan, A. N. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Susu Cair Indomilk Yang Dipengaruhi Oleh Harga Dan Promosi. Jurnal Bisnis, Logistik dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(1), 1-10.

Dharasta, Y. S. M. A. (2017). 5. Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket. Jurnal Manajemen Dirgantara, 10(2), 48-57.

Dunan, H., Antoni, M. R., Redaputri, A. P., & Jayasinga, H. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 17(2), 167-185.

Eriswanto, E., & Kartini, T. (2019). Pengaruh Penetapan Harga Jual Terhadap Penjualan Pada Pt. Liza Christina Garment Industry. Ummi, 13(2), 103-112.

Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Valuta, 2(2), 286-303.

Hafidzi, A. H., & Rahayu, J. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi Kasus Jnt Ekspress Cabang Mlandingan Kabupaten Situbondo).

Handayani, S. F. (2020). Pengaruh Harga Jual Dan Biaya Promosi Terhadap Pendapatan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(02), 134-143.

Haryotejo, B., & Skripsi, P. (2015). Analisis Pengaruh Kinerja Logistik Pemasok Terhadap Kinerja Bisnis. Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan), Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Hermanto, O. H. E., & Sari, T. I. (2021). Analisis Turunnya Omset Penjualan Terhadap Pengiriman Barang Via Udara Di Area Cargo Juanda Surabaya. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 188-198.

Karlina, D. (2010). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Lancar Abadi Express (Daerah Pengiriman Pada Wilayah Wonogiri).

Nurdiyanto, W., & Sirajuddin, B. (2014). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Turunnya Pendapatan pada PT Tunas Gemilang Sakti Palembang.

Permana, F. O. A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Keamanan Barang Terhadap Penjualan Jasa Forwarding Di Pt. Sinar Mentari Abadi Logitik (Doctoral Dissertation, Stia Dan Manajemen Kepelabuhanan Barunawati Surabaya).

Pratama, A. A. (2017). Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Peningkatan Penjualan Di Ovan Putri Bridal And Make Up Surabaya. Jurnal Tata Rias, (02).

Qalby, N. Analisis Penetapan Harga Pokok Penjualan Terhadap Tingkat Laba Pada Pt. Bino Mitra Sejati Cabang Makassar.

Rahmat, D., Muniroh, L., & Sume, S. A. (2013). “Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Cv Yoshiko Bogor”(Studi Kasus Sepatu Hak Tinggi Kode Hm. 04). Inovator, 2(1).

Sari, N. M. W. (2018). Pengaruh Promosi Dan Potongan Harga Terhadap Penjualan Pada PT. Mestika Mandiri Medan (Doctoral dissertation).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsani, A., Sume, S. A., & Kuraesin, E. (2019). Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 81-90.

Turmono, T., & Fairuz, A. (2020). Pengaruh promosi, harga dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Tiki Tegal Parang a258P Jakarta. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(2).

Widyawati, N., & Damayanti, E. (2019). Harga, Promosi dan Keamanan Barang terhadap Volume Penjualan Jasa Forwarding. Book Chapter: Pendidikan, Bisnis, Dan Manajemen Menyongsong Era Society, 5, 563-580.

Wignjosasono, K. W. (2023). Implementation of the National Insight Values of Hamengku Buwana IX For Character Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 653–666. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31574

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Zainuddin, Z., & Ikhsan, D. F. (2023). Strength of Proof of Deeds Stored Digitally. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2370–2385. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25744

Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.27037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0