Evaluasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Sebelum Dan Selama Praktik Kerja Lapangan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Yogyakarta

Sri Hastuti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakter peserta didik SMK Negeri 2 Yogyakarta sebelum PKL, dan evaluasi karakter peserta didik SMK Negeri 2 Yogyakarta selama PKL dan kendala pelaksanaan pendidikan karakter sebelum dan selama PKL. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya guru pembimbing praktek industri dan DUDI. Obyek penelitiannya siswa SMK kota Yogyakarta dengan jurusan teknologi. Data penelitian berupa hasil wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data menggunakan metode triangulasi yaitu menggabungkan hasil wawancara dan observasi terhadap siswa yang melakukan praktek kerja lapangan/ PKI. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pendidikan karakter peserta didik sebelum PKL dilaksanakan secara rutin penerapan karakter religius, nasionalis, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Pelaksanakan pembekalan untuk memberikan gambaran tentang dunia usaha dan dunia industri. Selama PKL peserta didik menunjukkan karakter yang baik, hal ini dibuktikan dari hasil penelitian kepada peserta didik dengan karakter religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas dengan hasil sangat baik. Namun selama pelaksanaan PKL tidak lepas dari beberapa kendala sebelum melaksanakan PKL seperti kendala pada saat pemasangan peserta didik dengan industri, beberapa peserta didik pada saat persiapan pembekalan tidak memperhatikan dan hanya fokus terhadap hanphone masing-masing, dan kendala selama pelaksanaan PKL seperti terdapat beberapa siswa yang melaksanakan ibadah tidak tepat pada waktunya, kedisiplinan siswa selama melaksanakan PKL, dan kendala fasilitas yang menunjang selama PKL yaitu peningkatan penggunaan aplikasi e-PKL


Keywords


Evaluasi, Pendidikan Karakter, PKL, SMK.

Full Text:

PDF

References


Absor, N. F. (2020) ‘Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19’, Journal of History Education, 2(1), pp. 30–35

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astamal, Firman, R. (2021).Pembentukan Karakter Peduli Sosial pada Siswa di SMAN 3 Payakumbuh’, Hlm 79–84.

Cowley, Sue. (2018). Panduan Manajemen Perilaku Siswa. Yogyakarta: penerbit erlangga.

Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Darodjat, Tubagus Achmad. (2015). Konsep-Konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini. Bandung: PT Refika Aditama

Fathurrohman, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter PT. Refika Aditama

Hanief,Y.N., Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Imas, Kurniasih. 2017. Pendidikan Karakter Internalisasi & Metode Pembelajaran di Sekolah (Jakarta : kata paper 2017) no.40

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta DidikKemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:Dirjen Dikdasmen

Maharani,Laila. (2014). Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter Build Children Character Through Character Education. Jurnal Bimbangan dan Konseling.

Melasi, Nur Mei. 2018. Pengelolaan Pneididkan Karakter Pada Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dikelas XI SMK N 1 Gondang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Winahyu, Ardi Agung. 2015. Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Universita Negeri Yogyakarta

Supriyatno, T. dan Samsul Susilawati. (2020). Parenting Patterns and Its Implications for Formation Religious Character in Early Childhood. Jurnal Konseling Religi, 11(2), 185–190.

Anggita, Linda. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Pembelajaran IPS dan Budaya Sekolah (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gempol Pasuruan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. MalanG

Kemendikbud. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional” Towalu dkk. 2015. Penguatan Karakter “Integritas” Siswa Praktek Kerja Lapangan (Pkl) Pada Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan Di Smk Provinsi Gorontalo. Jurnal Normalita Vol.3, Nomor 1 Januari 2015, hlm. 135-144. ISSN : 2252-5920

Khoeriyah, S.N. 2020. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas V Di Sdit Al Mujahidul Amin Palangka Raya. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palangka R




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.27004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0