Analisis Efikasi Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak

Steven Jemsy*, Andang Firmansyah, Astrini Eka Putri

Abstract


Penelitian ini berisi tentang analisis Efikasi Diri peserta didik dalam pembelajaran sejarah dikelas 11 IPS 1 SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Tujuan penelitian, Mengetahui penyebab kurangnya Efikasi diri peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Mengetahui cara guru menumbuhkan Efikasi diri pada peserta didik dikelas XI IPS 1 di SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Mengetahui faktor yang mempengaruhi Efikasi diri peserta didik dikelas XI IPS 1 SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif, dimana terdiri dari 5 subjek yang pertama guru mata pelajaran sejarah SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak dan 4 peserta didik kelas 11 IPS 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, sementara Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, yang terakhir penarikan kesimpulan. Efikasi Diri para peserta didik bisa dipengaruhi mulai dari kegagalan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, guru juga beperan penting dalam menumbuhkan Efikasi Diri peserta didik mulai dari memberikan motivasi, nasihat dan saran agar peserta didik menjadi semakin percaya diri akan kemampuannya dalam mengikuti pembelajaran, faktor yang mempengaruhi Efikasi Diri peserta didik juga berasal dari teman didalam kelas ketika teman berhasil ataupun gagal akan berdampak pada Efikasi Diri peserta didik

Keywords


Efikasi Diri, pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917

Alwisol. (2009). Self efficacy anak didik pemasyarakatan di Lapas anak kelas IIA Blitar. Retrieved from Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/1236/6/11410061_Bab_2.Pdf., 13–39.

Amir, H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4), 336–342.

Dr. Asariana Kibtiyah, M. S. (2021). efikasi diri akademik. CV. Amerrta Media.

Dr.Sugiyono, P. (2018). metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dan R&D.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [Improving access to education as mandated by Law No. 20, 2003 on National Education System]. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575

KURNIYAWATI RITA. (2012). HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.

Lestari, D. A. (2019). analisis self efficacy siswa pada pembelajaran ekonomi dikelas X IPS 2 MAN 2 Pontianak.

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Maros, H., & Juniar, S. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Mayasari, D. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an Di Ma Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 40. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.5848

Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 341–347. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Sihaloho, L. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5671

Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap HasiL Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752

Supriatna, H., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan LUDO Untuk Pembelajaran IPS di SDIT Anak Kreatif Bandung Barat. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2337–2345. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25817

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667

Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0