Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat UMKM Dalam Penggunaan E-commerce di Pasar Lokal

Jessica Glory Asteria*, Ekra Sanggala, Dani Leonidas

Abstract


PT ABC bergerak di bidang bisnis digital, dimana PT ABC memiliki permasalahan yaitu perusahaan yang belum bisa mengoptimalkan strateginya untuk menarik client untuk menggunakan e-commerce dalam bisnis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat UMKM dalam penggunaan e-commerce, sehingga perusahaan dapat mengembangkan strateginya untuk menarik minat UMKM dalam penggunaan e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan tools Partial Least Square (PLS). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM di wilayah Jabodetabek, dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 101 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (google form). Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan software SmartPLS 4 menunukkan bahwa variabel teknologi, organisasi, dan lingkungan memiliki pengaruh positif terhadap minat UMKM dalam penggunaan e-commerce. Sedangkan variabel individu tidak memiliki pengaruh terhadap minat UMKM dalam penggunaan e-commerce. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar pengembangan strategi perusahaan untuk meningkatkan minat penggunaan E-commerce bagi pelaku UMKM di Indonesia, sehingga daya saing pelaku UMKM dapat meningkat di pasar lokal.


Keywords


E-commerce, SMEs, Structural Equation Modeling, Partial Least Square

Full Text:

PDF

References


Ahmad, E. H., & dkk. (2023). Metode Penelitian Kesehatan. 73. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=y8q_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA73&dq=kerangka+pemikiran+adalah&ots=v9vFoB6rYJ&sig=yCMmgfBBgRzv-T0wwAXinuw35jI&redir_esc=y#v=onepage&q=kerangka%20pemikiran%20adalah&f=false

Ajijah, J. H., & Evi, S. (2021). Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja perangkat desa. 233. Retrieved from https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/download/9800/1323#:~:text=Menurut%20Sugiyono%20(2019%3A127),dari%20jumlah%20dan%20karakteristik%20populasi.

Akmalia, R. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan E- Commerce bagi Usaha Mikro Kecil Menengah pada Pengusaha Perak. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/8316/SKRIPSI%20RIZKY%20AKMALIA.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Anggraini, F. D., & al., e. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Research & Learning in Elementary Education, 3. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/3206/pdf

Anwar, S. M., & Hamid, R. S. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. Jakarta Pusat: PT Inkubator Penulis Indonesia. Retrieved from http://digilib.umpalopo.ac.id:8080/jspui/bitstream/123456789/626/1/STRUKTUR%20EQUATION%20MODELING%20%28SEM%29%20-%20Berbasis%20Varian.pdf

Aprilyan, Y., Sasanti, E. E., & Nurabiah. (2022). Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lombok Barat. Retrieved from https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/risma/article/view/216/150

Ausat, A. M., & Peirisal, T. (2021). Determinants of E-commerce Adoption on Business Performance: A Study of MSMEs in Malang City, Indonesia. 104. Retrieved from https://josi.ft.unand.ac.id/index.php/josi/article/view/532/0

Cahyono, A. A. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring berbasis Grup WhatsApp pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMKN Kebonagung. 19. Retrieved from https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/520/

Dewi, I. (2019). Pengaruh Marjin Laba Bersih, Pertumbuhan Penjualan Dan Set Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017. 46. Retrieved from https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1780/

Effendi, M. I., Sugandini, D., Istanto, Y., & Rahajeng, A. (2020). The Technology–Organization–Environment Framework: ADOPSI TEKNOLOGI PADA UKM. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/345989050_The_Technology-Organization-Environment_Framework_ADOPSI_TEKNOLOGI_PADA_UKM

Elfa, N. (2020). Penerapan Good Corporate Governance, Whistleblowing System dan Resiko Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. 2. Retrieved from http://repository.stei.ac.id/1489/

Ernawati, N. (2018). Pengaruh Kesiapan Modal Dan Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Daya Saing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. 56. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/59904/1/SKRIPSI_Nani%20Ernawati_14812147022.pdf

Evi, T., & Rachbini, W. (2022). Partial Least Square (Teori dan Praktek). TAHTA MEDIA GROUP. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/152/153

Guslan, D., & Laksono, D. A. (2022). Meminimalkan Biaya Pengadaan Persediaan Pipa Pvc Sii 2” Dengan Membandingkan Metode EOQ, HSM, DAN LUC. 105. Retrieved from https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/logistik/article/view/2814/1079

Gusmiarti, A. (2020). Penerapan Metode Structural Equation Modeling Pada Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Fmipa Uii Tahun 2018. 17. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/28780/16611097%20Anita%20Gusmiarti.pdf?sequence=1

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang). 2. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/MAX/article/view/3198/3073

Jansen, T. (2019). Pengaruh Service Attributes Terhadap Overall Satisfaction Dan Membership Renewal Intention Member Knockout Boxing Camp Surabaya. 7. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/8034

Julanda, S. (2022). Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan Metode Economic Value Added (EVA) pada Perusahaan dengan Karakter Aset Menengah yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020 . 7. Retrieved from http://eprints.kwikkiangie.ac.id/4262/

Kock, N., & Hadaya, P. (2018). Minimum sample size estimation in PLS-SEM: The inverse square root and gamma-exponential methods. 5. Retrieved from https://cits.tamiu.edu/kock/pubs/journals/2018/Kock_Hadaya_2018_ISJ_SampleSizePLS.pdf

Miftahurrohman. (2019). Model Prediksi Keberlanjutan Adopsi E-Commerce Studi Pada Ukm Kerajinan Ukir Di Jepara. 170. Retrieved from https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/24714/8/D_922020702_Lampiran.pdf

Nadianingtyas, N. (2021). nengah Pada Masa Pandemi (Kasus pada UMKM Pengguna Shopeefood di Kabupaten Cilacap). 141. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/93850/NTQ3NzMw/Analisis-Adopsi-E-Commerce-Dan-Pengaruhnya-Terhadap-Kinerja-Usaha-Mikro-Kecil-Dan-Menengah-Umkm-Di-Era-Pandemi-Covid-19-Daftar-Lampiran.pdf

Nasucha, P. (2021). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat bertransaksi menggunakan e-commerce. 73. Retrieved from http://eprints.umg.ac.id/5000/11/2021_TA_AKT_170302039_LAMPIRAN.pdf

Nuvriasari, A. (2012). Peran Dukungan Organisasional, Kompetensi Teknologi Dan Lingkungan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Pengadopsian E-Commerce Pada Usaha Kecil Menengah. 210. Retrieved from https://jurnal.uii.ac.id/JSB/article/download/3302/2983/4273

Octavia, R. H., & Suriawinata, I. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt Kencana Rodo. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt Kencana Rodo. 50. Retrieved from http://repository.stei.ac.id/2787/3/TESIS%20RHO%20BAB%203.pdf

Pradana, M. (2015). KLASIFIKASI BISNIS E-COMMERCE DI INDONESIA. 163. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/152372-ID-none.pdf

Prawiyogi, A. G., & dkk. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. 449. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/787/468

Putri, P., & Latiffani, C. (2018). Pengolahan Data Berbantu Software Spss Bagi Perangkat Desa Di Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan. 51. Retrieved from https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurdimas/article/download/111/59

Rahajeng, M. G. (2021). Pengaruh Work-life Balance terhadap Produktivitas Kerja pada Karyawan di DKI Jakarta Melalui Variabel Intervening Kepuasan Kerja. 52. Retrieved from http://eprints.kwikkiangie.ac.id/1974/

Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. 144. Retrieved from https://pdf.sciencedirectassets.com/277811/1-s2.0-S1877042815X00334/1-s2.0-S1877042815039026/main.pdf?X-Amz-Security-Token=IQoJb3JpZ2luX2VjEMD%2F%2F%2F%2F%2F%2F%2F%2F%2F%2FwEaCXVzLWVhc3QtMSJHMEUCIQCZtm%2BBpMFTjMknd6oFrc6lNWoexHIcewwddmGkCkiilwIgE1IRYF%2FM

Riefky, M., & Hamidah, W. N. (2020). Pemodelan SEM PLS pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIPA Surabaya. Partial Least Square-Structural Equation Modeling pada Tingkat Kepuasan dan Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Online, 11. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/38/10/345

Saputra, A. (2017). Adopsi E-Commerce Pada Umkm Di Semarang(Studi Kasus Usaha Kecil Bidang Kuliner. 54. Retrieved from http://repository.unika.ac.id/15548/8/13.32.0006%20Alvin%20Saputra%20LAMPIRAN.pdf

Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. 311. Retrieved from https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/608/583

Suriana, Rahmawati, & Ekawati, D. (2022). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dalam Pemesanan Tiket Pesawat Secara Online Menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Partial Least Square-Structural Equation Modeling pada Tingkat Kepuasan dan Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Online, 11. Retrieved from https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/362/188

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model(Tam) Dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Moneypada Mahasiswa Universitas Telkom. 203. Retrieved from http://www.e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/201/133

Utami, D. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-commerce dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas pada UMKM di Kota Malang. 3. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6937/5990#

Uthruva, T., Setyowati, N., & Wijianto, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat Penggunaan E-Commerce Bagi Pelaku UMKM Agribisnis Di Kabupaten Sukoharjo. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/197596-faktor-faktor-yang-berpengaruh-terhadap.docx

Wala, A. A. (2020). Penggunaan Metode Structural Equation Modeling Untuk Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Bhayangkara. 19. Retrieved from http://eprints.ubhara.ac.id/874/

Wisnu, A. M. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi UMKM di Kota Tangerang Dalam Menggunakan Online Marketplace Sebagai Sarana Jual Beli Online Dengan Model Utaut. Retrieved from https://e-journal.uajy.ac.id/22560/2/1617090421.pdf

Yuswita, E. (2020). Pengaruh Pemahaman E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Serta Motivasi Berwirausaha Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Berwirausaha. 7. Retrieved from http://repository.stei.ac.id/9131/3/BAB%20II.pdf




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0