Pengaruh Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP IT AR-Rasyad Kuala

Enny Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran small group discussion terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi Aritmatika sosial kelas VII SMP IT AR-Rasyad Kuala. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan one group pretest postest design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT AR-Rasyad Kuala Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 31 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini adalah 31siswa.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes (pretest dan postest) kemampuan pemacahan masalah matematika siswa.Teknik analisis data menggunakan software SPSS-Versi 22 dengan uji regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran small group discussion terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Sebagaimana yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis, yaitu nilai thitung ≥ ttabel (5,08 > 1,70) maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil persamaan regresi linier sederhana adalahY^ = 9,08 + 0,76X. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran small group discussion terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP IT AR-Rasyad Kuala Tahun Pelajaran 2022/2023.


Keywords


Small Group Discussion, Problem Solving Skill, Social Arithmetic

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono., (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta : Jakarta.

Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917

Amustofa (2009), Strategi Pemecahan Masalah dalam matematika, http://amustofa70.wordpress.com

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Christiani, Ari (2014). Penerapan Metode Small Group Discussion Dengan Model Cooperative learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol.2, no.2, hlm.1-11

Djamarah, S.B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ismail, Arif (2008), Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2019). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Rahman, S (2021). “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289–302,

Rumawatine, Z. (2023). The Effect Of Personal Learning Models On Self-Confidence And Learning Outcomes To Play Soccer In Extracurricular Men’s Soccer. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 864–873.

Sanjaya, Winna (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf

Sulthani, D. A., & Thoifah, I. (2022). Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 443–451. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.2760

Syawal, I. (2023). KEKARAENGAN RUMBIA: Study of the Traditional Turatea Government System in Jeneponto. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2).

Widianti, Lilis., (2009). Problem Solving dalam Matematika, http : //newspaper pikiran-rakyat.com.

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Wignjosasono, K. W. (2023). Implementation of the National Insight Values of Hamengku Buwana IX For Character Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 653–666. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31574

Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0