Implementasi Building Information Modelling untuk Quantity Take Off Material Struktur Abutment
Abstract
Perhitungan Quantity Take Off pekerjaan banyak diaplikasikan secara konvensional dengan mengukur shopdrawing secara manual, kesalahan memungkinkan terjadi akibat ketidakakuratan dan kerumitan pada perhitungan volume. Aplikasi Autodesk Revit berbasis Open BIM dapat melakukan proses kalkulasi volume secara cepat dan efisien. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui implementasi Building Information Modelling dalam perbandingan hasil perhitungan QTO (Quantity Take Off) menggunakan perhitungan manual. Studi kasus penelitian ini adalah Proyek Pembangunan Jalan Boru-Cikeusal di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Alur identifikasi dilakukan dengan memodelkan BIM Abutment Jembatan berdasarkan acuan Detailed Engineering Design, produk dari aplikasi perangkat lunak Revit 2022 secara detil mampu menampilkan informasi quantity take off, yang kemudian mengkalkulasi selisih volume rencana (perhitungan manual) dengan hasil perhitungan quantitiy take off dengan implementasi BIM serta metode kualitatif yang dilakukan pada wawancara semi terstruktur dengan praktisi BIM. Output permodelan menampilkan selisih dari hasil volume rencana dengan metode konvensional dengan volume hasil quantity take off dengan penerapan BIM, pada pekerjaan pondasi pile memiliki rata-rata selisih sebesar 1.310%, pekerjaan pile capmemiliki selisih sebsesar 3.335%, pekerjaan breast wall mendapatkan selisih sebesar 1.527%, pekerjaan wing wallmemiliki selisih sebesar 5.901%, dan pekerjaan conterford memiliki selisih sebesar 0.859%. Pengaruh penerapan implementasi BIM dari sudut pandang pengguna mengungkapkan pengaplikasian konsep BIM mampu meminimalkan terjadinya kesalahan dalam perencanaan dan re-work, mampu mendeteksi ketidaksesuaian dini, mampu mengefisiensi biaya proyek, dan memudahkan dalam perencanaan kebutuhan material pekerjaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar, S., Nadeem, A., Mok, J.Y.N. and Leung, B.H.Y. (2008) Building Information Modeling (BIM): A New Paradigm for Visual Interactive Modeling and Simulation for Construction Projects.
Alghiffari, Luqman. 2017. Perhitungan Kebutuhan Beton dan Tulangan Menggunakan Aplikasi Berbasis BIM pada Struktur Gedung Tiga Lantai. Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil UGM. Yogyakarta.
Dhany Dkk. 2019. Analisa Quantitiy Take Off Dengan Menggunakan Autodesk Revit. Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra.
Aditya Kurnia Nugraha. 2019. Implementasi Konsep Building Information System. (BIM) Dalam Estimasi Biaya Pada Pekerjaan Plambing. Tugas Akhir Pada Jurusan Tekni Sipil Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia.
Cindy F, Dkk. 2019. Mengeplorasi Penerapan Building Information Modelling (BIM) Pada Kontruksi Indonesia Dari Perspektif Pengguna. Program Magister Teknik Sipil Katolik Parahyangan.
Soeharto, Imam. 1999. Manajemen Proyek. Erlangga. Jakarta.
Mudzakir, Ahmad Chasan dkk. 2017. Evaluasi Waste dan Implementasi Lean Construction (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Serbaguna Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang). Jurnal Karya Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Diponogoro. Hal 145-158 (Vol. 6 No. 2).
Manurung, Vanbrori. 2012. Analisis Aplikasi Lean Construction Untuk Mengurangi Limbah Material Pada Proyek Konstruksi Jembatan (Studi Kasus Perusahaan Precast). Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Indonesia.
Ibrahim, B. 1993. Rencana dan Estimate Real of Cost. Bumi Aksara. Jakarta
Hwang, B-G., X. Zhao, dan K.W. Yang. 2019. Effect of BIM on rework in construction projects in Singapore: status quo, magnitude, impact, and strategis. Journal of Construction Engineering and Management 145 (2): 04018125.
Bryde, D., M. Broquetas, dan J.M. Volm. 2013. The project benefits of building information modeling. International Journal of Project Management 31 (7) : 971-980.
Eastman, C., P. Teicholz, R. Sacks, dan K. Liston. 2008. BIM Handbook. New York: Wiley.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26798
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.usk.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0