Diplomasi Publik Melalui ‘Wonderful Indonesia’ Dalam Upaya Promosi Pariwisata Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Amerika Serikat

Rahmaniah Rahmaniah*, Sugito Sugito

Abstract


Jurnal ini membahas tentang penggunaan diplomasi publik melalui kampanye Wonderful Indonesia dalam upaya promosi pariwisata pada masa pandemi Covid-19 di Amerika Serikat. Pandemi Covid-19 telah memiliki dampak yang signifikan terhadap industri pariwisata di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang merupakan salah satu destinasi wisata terkenal. Dalam situasi ini, diplomasi publik menjadi penting dalam mempromosikan potensi pariwisata suatu negara kepada masyarakat internasional. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kampanye Wonderful Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui diplomasi publik dapat mempengaruhi persepsi dan minat wisatawan Amerika Serikat untuk mengunjungi Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Melalui pendekatan kualitatif, data diperoleh dari sumber-sumber sekunder seperti dokumen resmi, artikel berita, dan laporan statistik terkait pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye Wonderful Indonesia berhasil meningkatkan kesadaran dan minat wisatawan Amerika Serikat terhadap Indonesia selama masa pandemi. Diplomasi publik berperan penting dalam membangun citra positif tentang Indonesia sebagai tujuan wisata yang aman dan menarik, meskipun ada pembatasan perjalanan yang diterapkan akibat pandemi. Penggunaan media sosial, konten visual menarik, dan kolaborasi dengan influencer wisata juga terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik pariwisata Indonesia.


Keywords


Covid-19, Diplomasi Publik, Pariwisata, Wonderful Indonesia

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika. (2020, February 3). Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia Desember 2019 mencapai 1,38 juta kunjungan. Retrieved July 3, 2023, from https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/02/03/1711/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-desember-2019-mencapai-1-38-juta-kunjungan-.html

Badan Pusat Statistika. (2021). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan (Kunjungan), 2019-2020. Badan Pusat Statistik. Retrieved July 4, 2023, from https://www.bps.go.id/indicator/16/1821/2/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan.html

Badan Pusat Statistika. (2023). Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik. Retrieved July 6, 2023, from https://www.bps.go.id/indicator/16/1821/1/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan.html

CNN Indonesia. (2022, February 4). AS Larang Warga Pergi ke Indonesia Gegara Lonjakan Covid. CNN Indonesia. Retrieved July 4, 2023, from https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220204103852-106-754937/as-larang-warga-pergi-ke-indonesia-gegara-lonjakan-covid

Dispar Sleman. (2018, July 4). Perjalanan Branding Pariwisata Indonesia. Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Retrieved July 7, 2023, from https://pariwisata.slemankab.go.id/2018/07/04/perjalanan-branding-pariwisata-indonesia/

Egsa UGM. (2021, February 11). Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi – Environmental Geography Student Association. EGSA UGM. Retrieved July 3, 2023, from https://egsa.geo.ugm.ac.id/2021/02/11/pariwisata-indonesia-di-tengah-pandemi/

Febrina, D. (2018). Persepsi Wisatawan Mancanegara Terhadap Brand Pariwisata Wonderful Indonesia. Wacana, 17:1, 72-81. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/515/260

Habibie, A. (2019, September 23). Kemenpar Targetkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2020. Coolturnesia. Retrieved July 7, 2023, from https://coolturnesia.com/coolturnesia/berita/detail/kemenpar-targetkan-20-juta-wisatawan-mancanegara-pada-tahun-2020

KJRI San Francisco. (2022, Oktober 3). Menarik Minat Wisatawan As Ke Indonesia Visit Indonesia Virtually Dipromosikan Di Acara Commonwealth Club San Francisco | Portal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Kemlu. Retrieved July 5, 2023, from https://kemlu.go.id/portal/id/read/4032/view/menarik-minat-wisatawan-as-ke-indonesia-visit-indonesia-virtually-dipromosikan-di-acara-commonwealth-club-san-francisco

KJRI San Fransisco. (2020, Desember 22). / /. Promosikan Wonderful Indonesia, KJRI San Francisco Ikuti Pameran Pariwisata Virtual Pertama di Amerika. Retrieved July 5, 2023, from https://kemlu.go.id/portal/id/read/2012/view/promosikan-wonderful-indonesia-kjri-san-francisco-ikuti-pameran-pariwisata-virtual-pertama-di-amerika#!

Kristianus, A. (2021, February 1). BPS: Jumlah Kunjungan Wisman Selama 2020 Hanya 4,02 Juta. BeritaSatu.com. Retrieved July 3, 2023, from https://www.beritasatu.com/nasional/726763/bps-jumlah-kunjungan-wisman-selama-2020-hanya-402-juta

Kumoratih, D. (2020, Januari 28). Rancangan Wonderful Indonesia Sebagai Branding-Destination. Business Economic, Communication, and Social Sciences, 2:1, 75-82. : https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6062

Lestariningsih, T. E., Damayanti, C., & Haqqi, H. (2017, November 10). Wonderful Indonesia Festival 2015 Di Thailand Sebagai Diplomasi Kebudayaan Indonesia. Transformasi, 2:29, 129-134. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/1747

Lippmann, W. (1994). “Opini Umum” terjemahan. Yayasan Obor Indonesia Jakarta.

Nurlelawati. (2020). Diplomasi Budaya Indonesia Melalui Nation Branding Wonderful Indonesia Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Mandalika Tahun 2011-2017. EJournal Ilmu Hubungan Internasional, 8:1, 1417–1428. ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id

Rahayu, S., & Arianti, R. K. (2014, Desember 9). 183Persepsi National Branding Sebagai Upaya...., Sri Rahayu, Reni Kristina Arianti PERSEPSI NATIONAL BRANDING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA EKSPOR KE JEPANG DAN AUSTRALIA. Jurnal Kemendag, 9. https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAIQw7AJahcKEwiQkaHSkvz_AhUAAAAAHQAAAAAQAw&url=https%3A%2F%2Fjurnal.kemendag.go.id%2Fbilp%2Farticle%2Fdownload%2F82%2F48%2F&psig=AOvVaw1wHJke5rqf-pvwXX7QgZvt&ust=16888038229

Ramadhanty, R., Afrimadona, & Krisnando, G. (2020, November 27). Diplomasi Publik Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Pariwisata Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Era Presiden Joko Widodo (Studi Kasus: Thejakartapost.com 2015 - 2019 ). Journal of Diplomacy and International Studies, 3:2, 1-12. https://journal.uir.ac.id/index.php/jdis/article/view/12241

Simanjuntak, T. R. (2019, Desember 12). Efektivitas Nation Branding Wonderful Indonesia Sebagai Sebuah Strategi Dalam Hubungan Diplomasi Pemerintah Indonesia Tahun 2011-2018. Jurnal Cakrawala, 8:1, 29-59. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4166

Snow, N. (2009). Routledge Handbook of Diplomacy. Madison Avenue New York.

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191-266. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113

Supriati. (2021, March 31). Data Terkini Korban Virus Corona di Indonesia pada Maret 2021 | merdeka.com. Merdeka. Retrieved July 3, 2023, from https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-korban-virus-corona-di-indonesia-pada-maret-2021.html

Tuch, H. N. (1990). Communicating with the World: U.S. Public Diplomacy Overseas. St. Martin's Press.

VOI. (2023, Juni 27). Kunjungan Wisman asal Eropa dan AS Tunjukkan Tren Positif hingga April 2023. VOI. Retrieved July 6, 2023, from https://voi.id/ekonomi/290079/kunjungan-wisman-asal-eropa-dan-as-tunjukkan-tren-positif-hingga-april-2023

Yulliana, E. A. (2021). Diplomasi Budaya melalui Nation Branding Wonderful Indonesia di Era New Normal Tourism. Global & Policy, 9:1, 51-62. https://doi.org/10.33005/jgp.v9i1.2409

Website Wonderful Indonesia https://www.indonesia.travel/id/id/home




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0