Fungsi Pendidikan Islam dalam Hubungannya dengan Kurikulum

Nikeng Putra Jaya

Abstract


: Artikel ini bertujuan untuk membahas Fungsi Pendidikan Islam dalam Hubungannya dengan Kurikulum, terkait pendidikan islam dengan keseluruhan materi dan komponen pendidikan islam yang harus diselaraskan dengan dasar kurikulum yang ada agar prinsip dari materi pembelajaran pendidikan islam yang berfokus pada pengamalan karakter serta peningkatan keagamaan juga dapat meningkat. Karena pada prinsipnya kurikulum adalah tongkat dari keberfungsian pendidikan, pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai penguatan mendeskrifsikan secara menyeluruh pemaparan penelitian. Pada hasil dari penelitian dilakukan bahwa Kurikulum merupakan seperangkat kegiatan pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan sebagai landasan untuk tercapainya sebuah tujuan pendidikan yang diinginkan. Kurikulum PAI didasarkan dan dikembangkan dari ketentuan- ketentuan yang ada di dalam dua unsur, yaitu: Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad saw. Disamping itu, materi PAI juga diperkaya dengan hasil ijtihad para ulama’, sehingga ajaran- ajaran pokok yang bersifat umum, lebih rinci dan mendetail. Kurikulum PAI mencakup usaha untuk mewujudkan keharmonisan, keserasian, kesesuaian, dan keseimbangan. Dalam hal ini tercakup empat mata pelajaran yakni, al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih , dan Sejarah Kebudayaan Islam. Kurikulum pendidikan agama Islam yang berfungsi untuk pengembangan, penyaluran, perbaikan, pencegahan, penyesuaian, dan sumber nilai. Dengan tujuan membentuk karakter anak bangsa yang bermartabat serta beriman dan dapat mengaplikasikan ilmu agama dalam kehidupan masyarakat. Kurikulum yang baik akan menghasilkan manusia yang baik juga, kurikulum yang lemah akan menghasilkan manusia yang lemah pula.


Keywords


Fungsi, Pendidikan Islam, Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109

Elman, M., & Mahrus, M. (2020). Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 117–130. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/140/114

Fathurrohman, M. (2015). PENDIDIKAN ISLAM DAN PERUBAHAN-PERUBAHAN SOSIAL. 1(2).

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hasyim Achmad Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, G. (2021). Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(2), 246–261. https://ejournal.yasin- alsys.org/index.php/yasin

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Mahfud, M. (2019). PENDIDIKAN ISLAM DAN PERUBAHAN SOSIAL (Upaya Mengoptimalkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–17.

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Mustaqim, Y. (n.d.). Pengembangan Konsepsi Kurikulum Dalam Pendidikan Islam A. 9(1), 1–24.

Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Rokim. (2018). Konsep Pendidikan Jasmani Dalam Perspektif Hamka. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 13(1), 72–83.

Rusmin B., M. (2017). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 72. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4390

Setianto, G. (2023). The Effectiveness of HPT Muhammadiyah Studies in Increasing the Understanding of Kaifiyat Thoharoh Residents of Wonosari Kalimojosari Doro. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 667–673. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.30201

Syu’aib, K. (2017). Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 68–74.

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Wasehudin, W. (2018). AKAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Reflektif Filsafat Pendidikan Islam terhadap Ayat-ayat Alquran). Alqalam, 35(2), 1. https://doi.org/10.32678/alqalam.v35i2.1195




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0