Keefektifan Model Pembelajaran Scrambel Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Lubuklinggau
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran scrambel terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau. Desain penelitian berbentuk eksperiment semu kategori pre-test and post-test group. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Lubuklinggau dengan populasinya yaitu siswa kelas VII. Sampel diambil satu kelas secara acak, satu kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII.5 dan diberi perlakuan model pembelajaran Scrambel.. Telnol pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 24soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan nilai rata-rata, nilai rata-rata pada pre-test sebesar 60,22 menjadi 82,78 pada pos-test dimana ada peningkatan sebesar 22,56. Sedangkan berdasarkan analisis pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung = 5,092. Selanjutnya thitung dibandingkan dengan nilai tabel pada daftar distribusi t dengan ttabel = dk = n-1 = 32-1 = 31, α = 0,05 = 2.042. Dengan demikian thitung (5,092) > ttabel (2,042), hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran scrambel efektif pada hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhammad. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
________. (2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2014). Statistika Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Djamaluddin, Ahdar. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV. Kaaffah Leraning Center.
KBBI. (2018). Kamus Bahasa Indonesia Modern. Surabaya: Amelia.
Fitriasari. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Pekalongan.
Harahap. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Scrambel Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Journal Physic Education, 2 (3): 151-166
Helmiati. (2012). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Huda. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamial Learning Center.
Majid. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pengajaran). Bandung: CV.Pustaka Setia.
Margono. (2015). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mukrimah, Nurul. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Scramble untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) SMK N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 20111/2012. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPM I).Universitas Muhammadiyah
Parnayatni. (2020). Penerapan Resource Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Bengkulu). Bengkulu: Universitas Bengkulu
Putri (2019). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkanhasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu. 2 (3):120-130.
Riyanto. (2014). Riset Statistika Penelitian. Bandung: Bumi Aksara.
Rasyid dan Mansur (2014). Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Pandiva Buku.
Rosalina. (2012). Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir Di Desa Mantren Kec Karangrejo Kabupaten Madetaan. Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, 01 (01) : 3-15.
Sanjaya. (2016). Model Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Sani. (2010). Model Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Saramah. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Unissula Press.
Sari. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Negara Berkembang Dan Negara Maju di Kelas IX A.
Shadily (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe STAD Kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya. 7(3):1313-1320.
Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Bandung: Bumi Aksara.
Slameto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Amelia.
Suciati. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scrambel. Jurnal Pendidikan Sejarah.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26785
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0