Analisis Strategi Pembelajaran Guru, Minat, Dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII

Yulina Giawa*, Lidwina Shinta Zagoto, Roy Ricardo Ritonga, Firman Pangaribuan, Hardi Tambunan

Abstract


Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk menguji pengaruh langsung strategi pembelajaran guru dan minat terhadap pemahaman konsep siswa, serta pengaruh langsung strategi pembelajaran guru, minat, dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas VIII di SMP Swasta BNKP Luzamanu dan SMP Negeri 3 Lotu yang berjumlah 169 siswa. Penelitian ini  merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat koresional. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket, kemudian diolah dan dianalisis dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a). Terdapat pengaruh secara langsung strategi pembelajaran guru dan minat terhadap pemahaman konsep siswa (b). Terdapat pengaruh secara langsung strategi pembelajaran guru, minat, dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Strategi Pembelajaran Guru, Minat, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aledya, V. (2019). Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu

Pendidik dan Tenaga Kependidikan

“STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA”. Modul Matematika SD Program BERMUTU.

Fatqurhohman.(2016). Pemahaman Konsep

Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 2, 127-133

Firdaus, B. 2019.“Analisis Faktor Penyebab

Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab.”Jurnal On Education. Vol, -02 No. 01, Desember 2019, Hal 191-198. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/298

Hujodo,H. 2010. Pengembangan Kurikulum

dan Pembelajaran Matematika. Malang:Universitas Negeri Malang Press.

Marzano J. Robert (2007) “The Art and

Science of Teaching” A Comprehensive Framework for Effective Instruction · ISBN 13 : 1416605711 · ISBN 10 : 9781416605713

Noviyana, I. N. dkk.(2019). Analisis

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 2 (94), 704-709. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241.

OECD. 2016. PISA 2015: Result in Focus

(Online). http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-result-infocus.pdf

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Soebandi dan Nurhasanah. 2016. “ Minat

Belajar Sebagai Determinan Hasol Belajar.” Vol. 1 No. 1 Agustus 2016, Hal. 128 – 135. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3264

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarjono. 2004. Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto,A 2015. Teori Belajar dan

Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0