Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik
Abstract
Profil pelajar pancasila adalah salah satu program dari kurikulum merdeka, selain itu profil pelajar pancasila juga merupakan bentuk usahandalam meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menambah wawasan dalam meningkatkan karakter profil pelajar pancasila. Manfaatnya untuk membantu guru agar memahami bagaimana proses peserta didik dalam belajar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian studi literatur, studi literatur adalah metode yang dihasilkan dari sumber-sumber bacaan yang menghasilkan data yang akurat. Hasil belajar diperoleh dari proses penguatan karakter peserta didik yang dilakukan saat pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fuad, F. Q. A., Lailiyah, S. B., Wahyono, A. A., & Ahid, N. (2023). Analisis Dan Perbandingan Kurikulum Indonesia Abad Ke–20. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 6(3), 1–8.
Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373.
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346.
Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Deepublish.
Istianah, A., & Susanti, R. P. (2021). Pendidikan pancasila sebagai upaya membentuk karakter pelajar pancasila. Jurnal Gatranusantara, 19(2), 202–207.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.
Lukman, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Senilai Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi Di Kelas IV. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 532–544.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Rodin, R. (2020). Era 4.0 Dan Tantangannya Bagi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Di Indonesia. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 5(1), 233–248.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
Sulasmi, E., Sibuea, M. B., Eriska, P., & AirLangga, E. (2020). COVID 19 & KAMPUS MERDEKA Di Era New Normal. Kumpulan Buku Dosen.
Syafi’i, A., Saied, M., & Hakim, A. R. (2023). Efektivitas Manajemen Pendidikan dalam Membentuk Karakter Diri. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1905–1912.
Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26766
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.usk.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0